Senin, 02 Mei 2011

Renungan Hari Kamis, 24 Pebruari 2011


Berkat Rohani
Efesus 1 : 3
Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga
Kita mengira bahwa yang penting untuk membangun iman adalah pembinaan rohani di gereja, khotbah, dan pelayanan yang baik dan lancar. Kita sibuk mempersiapkan semua itu, tetapi kita kurang mendoakan agar jemaat bertumbuh melalui semua hal tersebut. Kita berusaha dengan kekuatan sendiri dan kurang melibatkan Tuhan dalam pelayanan tersebut. Dalam 1:15-23, Paulus memberitahu jemaat bahwa dia bukan hanya mengajar jemaat kebenaran firman, tetapi dia juga mendoakan pertumbuhan iman jemaat yang dia layani. Dia berdoa agar Tuhan memberikan Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Tuhan dengan benar (1:17) serta meminta agar Tuhan menjadikan mata hati jemaat terang untuk dapat mengerti pengharapan dalam panggilan Tuhan (1:18). Kedua permohonan ini dinaikkan Paulus dengan kerinduan agar jemaat memahami kemuliaan panggilan dan kehebatan kuasa panggilan yang diberikan Tuhan atas orang percaya (1:19-20). Paulus tahu bahwa campur tangan Tuhan sajalah yang akan membawa orang percaya bertumbuh dalam iman mereka dengan benar.
Kita diselamatkan untuk melayani Allah. Allah menebus kita di dalam Kristus Yesus karena ada tujuan Allah bagi kita. Dia mau supaya kita memiliki bagian di dalam kerajaan-Nya. Ini merupakan anugerah yang luar biasa bagi kita. Tuhan Yesus memberikan nyawa-Nya sendiri untuk menyelamatkan kita. Kita melayani Tuhan, bukan karena merasa bersalah atau ketakutan, tetapi karena sukacita dan ucapan syukur atas apa yang telah Ia kerjakan bagi kita. Sekarang, di dalam Kristus, kehidupan kita memiliki arti.
Apapun yang kita miliki saat ini adalah milik Tuhan. Segala sesuatu berasal dari Dia. Ketika sesuatu terjadi di luar harapan kita, selalu ada berkat rohani yang tersedia bagi kita. Tuhan rindu dan ingin agar kita bisa menikmati berkat-berkat rohani dari-Nya. Dia tidak hanya memberikan berkat untuk kebutuhan jasmani kita tapi ia lebih mengutamakan memberi berkat-berkat rohani. Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!

Jamita Minggu Kantate (Endehon hamu ma di Jahowa ende na imbaru) – 28 April 2024

Ingkon Mamujimuji Jahowa do Angka na Usouso Di Ibana  ( Orang Yang Mencari Tuhan Akan Memuji NamaNya) Psalmen 22: 26 – 32     a)  ...