Jumat, 06 Mei 2011

Hari Kamis, 24 Maret 2011

Kristen Yang Merdeka
Galatia 5 : 13
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih
 Kata “merdeka” adalah kata yang indah untuk didengar. Merdeka adalah pengharapan bagi semua orang. Tak seorangpun yang rela diperbudak oleh orang lain. Semua ingin menikmati kemerdekaan karena setiap orang pasti merindukan kemerdekaan. Pertanyaannya, apakah benar orang yang hidup di negara merdeka dapat merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya? Bagaimana sikap yang seharusnya diwujudkan sebagai seorang yang merdeka? 
Pendapat lain juga, mengartikan bahwa merdeka adalah bebas dari kuasa dan kekang orang lain, sebagai contoh bahwa telah terjadi perang melawan segala bentuk penjajahan dibelahan dunia bahkan telah dilawan sejak dunia dijadikan.
Kemerdekaan yang kita dapatkan jangan disalah gunakan untuk memberontak kepada pemerintah, kepada pasangan hidup kita. Jangan menjadi alasan melakukan dosa, bebas berbuat seenaknya. Kemerdekaan yang dimaksudkan oleh Paulus adalah kemerdekaan sejati yaitu disaat saudara menerima YESUS sebagai juru selamat hidupmu, maka mulai hari itu juga anda sudah bebas dari perhambaan dosa. Mengapa? Ketika anda menerima YESUS sebagai TUHAN, tentu anda harus tunduk dalam kehendakNya. Kehendaknya adalah “KASIH” bukan kebencian dan dendam. Namun anda diminta segera bertobat dan melakukan arti kasih itu kepada semua orang sebagai bentuk kemerdekaan.
Kemerdekaan orang Kristen bukanlah jalan untuk dapat berbuat dosa melainkan kebebasan karena anugerah Allah untuk tidak berbuat dosa. Kebebasan tanpa batas selalu mengakibatkan pelampiasan keinginan daging (bd.Gal.5:15). Tetapi, Roh Kudus, Pribadi ilahi adalah mitra orang percaya yang memungkinkan kita untuk mengalahkan keinginan daging. Oleh karena itu, betapa perlunya hidup kita dikontrol atau dipimpin oleh Roh Kudus (Gal.5:16-26). 

Jamita Minggu Kantate (Endehon hamu ma di Jahowa ende na imbaru) – 28 April 2024

Ingkon Mamujimuji Jahowa do Angka na Usouso Di Ibana  ( Orang Yang Mencari Tuhan Akan Memuji NamaNya) Psalmen 22: 26 – 32     a)  ...