Senin, 18 Oktober 2010

Renungan Hari Senin, tgl. 18 Oktober 2010

Teladan Yang Baik
Titus 2 : 7
Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,
Menjadi teladan, itu artinya menjadi sosok yang patut ditiru, dijadikan panutan oleh orang lain, atau menjadi role model. Dunia selalu dan akan selalu haus akan keteladanan. Tidak akan ada batas maksimal dari masa ke masa. Dalam sejarah dunia kita menemukan banyak teladan, dalam alkitab pun demikian. Dari masa lalu ada banyak teladan, di masa sekarang pun banyak, dan di masa depan nanti akan ada lagi teladan-teladan yang bisa kita jadikan panutan untuk menjadi orang yang lebih baik. Pertanyaannya, apakah kita sudah siap dan sanggup menjadi teladan? Mengapa harus kita, tidakkah cukup orang lain saja yang kita teladani? Alkitab mencatat bahwa kita semua diminta untuk tampil menjadi teladan-teladan dalam banyak hal mulai dari perbuatan baik hingga iman. Ayat bacaan hari ini menyatakan salah satu firman Tuhan yang mengingatkan kita untuk selalu berusaha untuk menjadi teladan terutama dalam hal berbuat baik.
Di zaman seperti sekarang inilah, kita harus tunjukkan kepada dunia, bahwa kita memiliki karakter Kristus, Tuhan kita. Rasul Paulus dalam suratnya kepada Timotius mengatakan: "Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar" (I Tim. 4:12-13).
Kita dituntut untuk menjadi teladan yang baik, dalam perkataan, dalam tingkah laku, dalam kasih, dalam kesetiaan dan dalam kesucian. Dan memang kita harus berbeda dengan orang dunia, karena kita adalah anak-anak terang. Kita adalah orang-orang pilihan Tuhan dan kita bukanlah orang-orang sembarangan.

Jamita Minggu Kantate (Endehon hamu ma di Jahowa ende na imbaru) – 28 April 2024

Ingkon Mamujimuji Jahowa do Angka na Usouso Di Ibana  ( Orang Yang Mencari Tuhan Akan Memuji NamaNya) Psalmen 22: 26 – 32     a)  ...