Jumat, 08 Oktober 2010

Renungan Hari Sabtu, tgl. 9 Oktober 2010

Hindari Pertengkaran
Amsal 17 : 14
Memulai pertengkaran adalah seperti membuka jalan air; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai.
Orang-orang yang mempunyai sifat mau menang sendiri selalu beranggapan bahwa pendapatnya adalah pendapat yang paling benar dan tidak ada yang lebih benar dari dia. Pendapatnya adalah yang benar dan pendapat orang lain itu salah. Sering kali orang tersebut akan lebih gampang terperangkap dalam konflik-konflik tak berguna karena tidak bisa menerima pendapat orang lain yang berbeda dengannya.
Ketahuilah, tidak ada kompetisi dalam memberikan pendapat dan tidak ada yang menang atau kalah dalam berdiskusi di dalam rumah Tuhan.. Bukan berarti kita mengaku salah jika kita menerima pendapat orang lain dan juga bukan berarti kita kalah jika pendapat kita tidak diterima. Dalam menghadapi orang yang mempunyai sifat “ mau menang sendiri”, mengalah dengan kasih adalah cara yang baik untuk menjauhi diri kita dari pertentangan. (Amsal 10:12).
Saudara, kalau kita mau telusuri mengapa hal ini dapat terjadi? Semuanya itu bukan saja karena hilangnya rasa cinta, kepercayaan dan rasa pengertian terhadap pasangannya, tetapi juga tidak adanya penguasaan diri dalam berkata atau berbicara. Orang yang mempunyai penguasaan diri pasti dapat menjaga sikap maupun perkataannya terhadap orang lain. Firman Tuhan berkata supaya kita menghindari soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh dan yang tidak layak – perkara-perkara yang dapat menimbulkan pertengkaran. Nah, berapa banyak di antara orang percaya yang sudah seringkali mendengar firman ini tetapi tidak melakukannya. Yang terjadi justru bukan menghindari hal-hal yang bodoh, tetapi malah mencari-cari hal yang bodoh dan tidak layak yang justru menimbulkan pertengkaran.
Apa yang tidak kau sukai pada diri suami atau istrimu belum tentu memang sebuah kesalahan, boleh jadi karena hanya faktor egomu saja, sedangkan pada dirimu juga ada hal-hal yang suami atau istrimu tidak menyukainya. Jadi kenapa harus marah ??? Bukankan diri kita juga tidak sempurna ???

Jamita Epistel Minggu XVII D.Trinitatis – 22 September 2024

Habalgaon Ni Jahowa DI Bagasan Sude na TinompaNa         (Kebesaran Allah Dalam Seluruh Ciptaan-Nya) Johannes 3 : 13-18      1)     ...