Senin, 18 Oktober 2010

Renungan Hari Selasa, tgl. 19 Oktober 2010

MenyenangkanMu
Roma 8 : 8
Orang-orang yang hidup menurut tabiat manusia, tidak dapat menyenangkan Allah.
Saudara-saudarai dari nas ini yang dikehendaki Tuhan adalah orang Kristen yang telah meninggalkan kehidupan lamanya dan menjadi manusia baru.  Yang dimaksud adalah manusia yang telah mengalami pembaharuan dalam hidupnya melalui proses pertobatan, yaitu percaya kepada Tuhan Yesus Kristus:  "...siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru:  yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."  (2 Korintus 5:17).  Sebagai manusia baru sudah seharusnya kita tidak lagi mengenakan tabiat manusia lama kita, tetapi mengenakan tabiat Kristus dan hidup menurut pimpinan Roh Kudus.  Namun banyak orang Kristen masih bertabiat manusia lama.  Buktinya adalah seperti gambaran Alkitab:  ada percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya (baca Galatia 5:19-21). Semuanya itu menyedihkan hati Allah, dan tidak dapat menyenangkanNya.
Namun Allah telah memperlengkapi setiap orang dengan suatu ukuran iman. Dia memberikan kita semua kemampuan untuk hidup yang bisa menyenangkan diri-Nya. Bagian kita adalah untuk bekerja bersama Dia untuk membiarkan iman itu bisa tumbuh dan berkembang di dalam hidup kita. Alkitab berkata di dalam kitab Roma bahwa iman tumbuh dari pendengaran akan Firman Allah. Dengan kata lain, iman dimulai dimana kehendak Allah diketahui. Ketika engkau tahu bahwa kehendak Allah bagimu adalah untuk diselamatkan, itu yang memulai iman di dalam hatimu.
Sama seperti sebuah benih di dalam tanah, imanmu juga bisa tumbuh dan bercabang  ke dalam semua area di hidupmu. Ketika engkau mengembangkan kebiasaan untuk membaca Firman Allah, engkau sedang menyirami benih-benih iman itu. Ketika engkau terus berhubungan ke sebuah gereja yang baik dan alkitabiah, itu seperti sedang menambah terang dan nutrisi untuk semua benih iman itu supaya tumbuh lebih baik. Ketika engkau terus menerus mencari Dia, membiarkan iman itu berkembang di dalam hatimu. Engkau akan bangkit lebih tinggi lagi, dan engkau akan dikuatkan dan dimampukan untuk menyenangkan Allah di dalam semua area di hidupmu.

Jamita Minggu Kantate (Endehon hamu ma di Jahowa ende na imbaru) – 28 April 2024

Ingkon Mamujimuji Jahowa do Angka na Usouso Di Ibana  ( Orang Yang Mencari Tuhan Akan Memuji NamaNya) Psalmen 22: 26 – 32     a)  ...