Senin, 07 Desember 2009

Renungan Hari Selasa, 08 Desember 2009

Wiyata Guna
Yesaya 40 : 26
"Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah: Siapa yang menciptakan semua bintang itu dan menyuruh segenap tentara mereka keluar, sambil memanggil nama mereka sekaliannya ? Satu-pun tiada yang tak hadir, oleh sebab Ia maha kuasa dan maha kuat."
Menjelang Natal tahun 2009 ini, kami bersama rombongan Panitia Natal Diakonia HKBP Bandung Riau Martadinata hendak melayani ke Wiyata Guna tempat orang-orang buta di Bandung, kami begitu terenyuh dengan semangat hidup saudara-saudara tersebut. Walaupun mata yang buta namun mereka mau diarahkan kepada tujuan hidup yang mau diselamatkan. Dengan berbagai talenta yang mereka miliki, seperti menyanyikan lagu-lagu rohani sangat menyentuh hati kami. Ada yang mampu memainkan alat musik gitardan yang lainnya berbakat dengan menyanyikan lagu pujian penyembahan. Sungguh luar biasa karunia Tuhan bagi mereka yang mencari dia, dan kami yakin bahwa mereka juga dipakai Tuhan sebagia alatNya untuk pekerjaan baik ditengah-tengah dunia ini. Walaupun mata yang tidak dapat melihat namun Allah menuntun mereka selalu dan mengarahkan mata rohani mereka dan memanggil mereka dalam pujian dan penyembahan dan pekerjaan lain yang membuat kami yang hadir dengan mata jasmani yang lengkap terbuka melihat kenyataan kuasa Allah yang sungguh luar biasa. Mereka semua mau hadir dalam pertemuan ibadah tersebut.

Apalagi kita yang menerima janji-janjiNya diarahkan kejalan kehidupan yang kekal.Kita tidakbisa memakai mata jasmani kita dalam hal ini. Mata rohani kitalah yang digerakkan dalam pekerjaan-pekerjaan pelayanan dalam hidup kita. Bagi setiaporang yang menerima janjiNya dari firman Tuhan akan terpanggil ikut serta melakukan pekerjaan memberitakan kebenaran kasih dan pengharapan Kristus. Allah memanggil kita yang percaya kepadaNya untuk ikut serta dalam KerajaanNya yang penuh sukacita dan kekekalan.
Kita belajar dari orang-orang buta di Wijata Guna yang mampu dipakai oleh Tuhan dalam pekerjaan-pekerjaan yang disampaikanNya. Berbagai cara dapat dipergunakan Tuhan untuk memanggil kita serta memakai kita menjadi alatNya ditengah dunia ini. Marilah dengan hati yang mau diarahkan kepada tujuan-tujuan mulia dalam hidup kita dengan mengandalkan kuat kuasaNya, sehinggasetiap orang percaya diperlengkapi dalam pekerjaan baik memberitakan Injil Kristus. Setiap ciptaanNya akan mendengar suaraNya dan berseru dengan puji-pujian penyembahan sebab kemuliaan hanya pada Dia yang menyelamatkan kita.
Maka dalam rangka Advent ini, kita diarahkan menyongsong kedatangan Kristus dalam hati kita pribadi-lepas pribadi. Bila kita tidak mau diarahkan berarti kita tidak mau dibimbing dan dituntun oleh kuasa RohNya. Hendaklah setiap orang percaya mau diarahkan, walaupun begitu banyak arahan-arahan dunia ini yang dapat menyeret kita kedalam kekelaman namun kita pasti bisa dan kuat menghadapi godaan dunia ini dengan mengarahkan mata rohani kita pada firmanNya dan dengan mendengar bimbingan kuat kuasa Roh Kudus yang mengarahkan kita pada kehidupan yang kekal. Kita harus tetap fokus pada arahan dan bimbinganNya ke arah kerajaanNya. Amin (EM).


Jamita Evangelium Minggu ROGATE (Martangiang) – 5 Mei 2024

Sai Na Manjalo DO Nasa Na Mangido      (Setiap Orang Yang Meminta Akan Menerima) Matius 7: 1 - 11   a)       Huria ni Tuhanta ia Matiu...