Senin, 02 November 2009

Renungan Hari Senin, 02 Nopember 2009

Didikan Firman
Titus 2: 12
"Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini."
Adalah kesaksian seorang kakek mengatakan: “Sewaktu saya diskusi dengan Romo Mangun Wijaya (Alm) tentang kurikulum sekolah, Beliau mengatakan bahwa pendidikan di Indonesia masih Mewarisi "budaya" kolonial Belanda. Menurut beliau, seharusnya anak-anak yang kecerdasannya tinggi seharusnya diarahkan untuk masuk jurusan Sosial supaya di masa mendatang akan lahir ekonom, hakim, jaksa, pengacara, polisi, diplomat, dutabesar, politisi dsb yang hebat2. Tetapi rupanya hal itu tidak dikehendaki oleh penguasa(Belanda). Belanda menginginkan anak-anak yang cerdas tidak memikirkan masalah2 sosial politik. Mereka cukup diarahkan untuk menjadi tenaga ahli/scientist, arsitektur, ahli computer, ahli matematika, dokter,dsb yang asyik dengan science di laboratorium (pokoknya yang nggak membahayakan posisi penguasa). Saya nggak tahu persis yang benar Romo Mangun Wijaya atau pemerintah Belanda. Hanya saja waktu itu saya yang kuliah ambil jurusan Kurikulum jadi patah semangat karena kayaknya kurikulum di Indonesia ini hampir tidak ada hubungannya dengan kehidupan yang akan dijalani orang setelah keluar dari sekolah.”

Saudara-saudaraku, nas ini mengajak kita untuk belajar dari didikan firman Tuhan yang membawa kita pada suatu tujuan hidup yang sebenarnya. FirmanNya memberikan didikan bagi kita agar kita tahu menimbangi yang benar dan yang tidak baik bagi hidup kita. Sehingga setiap orang Kristen dapat hidup dengan bijaksana, dan memiliki keadilan dan tidak lupa sellau memuji dan memuliakan Sang Pemberi didikan itu dalam ibadah menyembah Tuhan. Sehingga setiap orang Kristen dibekali dengan kemampuan untuk meninggalkan kefasikan dunia yang saat ini menggerogoti hidup orang percaya. Marilah kita mencintai didikan Tuhan dari FirmanNya, maka kita akan berbahagia. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jamita Evangelium Minggu ROGATE (Martangiang) – 5 Mei 2024

Sai Na Manjalo DO Nasa Na Mangido      (Setiap Orang Yang Meminta Akan Menerima) Matius 7: 1 - 11   a)       Huria ni Tuhanta ia Matiu...