Senin, 23 November 2009

Renungan Hari Selasa, 24 Nopember 2009

Mahkota Kebenaran
2 Timotius 4: 8
“Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.”
Sang raja tanpa mahkota begitulah kaum Kompeni Belanda menyebutnya, lihai cerdas, dan bersemangat. Di takuti dan juga disegani lawan – lawan politiknya. Perjuangnya dalam membela hak kaum pribumi saat itu benar – benar menempatkan dirinya menjadi seoarang tokoh yang benar-benar dihormati pada saat itu. Dialah H.O.S Tjokroaminoto lahir di desa Bakur, Madiun Jawa Timur 16 Agustus 1883 (ada yang menulis beliau lahir 20 Mei 1883. Tepat pada waktu Gunung Krakatau meletus, sebagian menulis lahir tahun 1882). Ia anak kedua dari dua belas bersaudara putra dari Raden Mas Tjokro Amiseno, seorang Wedana Kleco dan cucu R.M Adipati Tjokronegoro bupati Ponorogo. Terlahir dari keluarga bangsawan tak membuatnya bersikap angkuh, justru karena itulah ia akhirnya menjadi sebuah motor penggerak kemerdekaan bagi Indonesia disaat semua manusia tertidur dalam belaian kompeni Belanda.
Sebuah mahkota kerajaan atau kekuasaan adalah rebutan bagi setiap orang dengan berbagai alasan dan bentuknya. Manusia rela berkorban hanya untuk mahkota dunia yang menginginkan dalam bentuk kekuasaan, pujian, kemuliaan dan lain sebagainya.
Namun dalam iman percaya kita bahkan melalui nas ini menginginkan kita agar menerima mahkota kebenaran yang kita peroleh dari kuasa Yesus Kristus yaitu : iman. Dengan iman kepada Yesus Kristus setiap orang percaya merindukan kedatangan-Nya. Mahkota kebenaran itulah yang dikaruniakan bagi setiap orang percaya agar tetap bekerja dalam imannya. Sehingga beroleh kekuatan dan sukacita oleh karena Kristus yang mengepalai hidupnya. Bukan mahkota dunia ini lagi yang menjadi pengharapan imannya namun mahkota yang lebih indah lagi dan memiliki kekuatan dari Tuhan kita Yesus Kristus. Amin (EM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jamita Evangelium Minggu ROGATE (Martangiang) – 5 Mei 2024

Sai Na Manjalo DO Nasa Na Mangido      (Setiap Orang Yang Meminta Akan Menerima) Matius 7: 1 - 11   a)       Huria ni Tuhanta ia Matiu...