Selasa, 25 Mei 2010

Renungan Hari Kamis, 27 Mei 2010

Aliran-Aliran Air Hidup
Yohanes 7 : 38
Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.
Semua mahkluk hidup di dunia ini pasti memerlukan air sebagai sumber kehidupannya. Dalam tubuh manusia terdiri dari hampir 60% lebih terdiri dari air .Dan kalau saudara kekurangan air, maka akibatnya akan mengalami dehidrasi sampai menimbulkan kematian. Demikian halnya bila dalam hati kita Roh Kudus tidak bekerja. Jadi Roh Kudus lah yang menghidupkan saudara dan saya, jangan mengalami dehidrasi rohani, apa pengertian dehidrasi rohani? Adalah suatu keadaan dimana orang Kristen melakukan segala aktivitas termasuk aktivitas ibadah, tetapi tidak tidak ada karya Roh Kudus, demonstrasi Kuasa Roh Kudus, manifestasi Roh kudus sehingga hidup rohaninya kering kerontang.
Seringkali kerohanian kita mengalami kekeringan, jiwa kita terasa haus dan jika dibiarkan, kita pun bisa mengalami dehidrasi rohani, dimana kita kehilangan kepercayaan, kehilangan harapan, kehilangan motivasi dan semangat, yang kemudian digantikan oleh rasa khawatir, takut, was-was, ragu yang bisa membuat emosi kita labil sehingga kita kehilangan sukacita dalam hidup. Tapi jangan takut, dan lihatlah Tuhan itu luar biasa! Dia ingin mengingatkan kita semua hari ini bahwa Tuhan Yesus menyediakan mata air kehidupan yang akan mengalir tanpa henti dalam hidup setiap anak-anakNya, setiap orang percaya yang taat sepenuhnya kepadaNya.

Lihatlah apa kata Yesus pada perempuan Samaria. "Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup." (Yohanes 4:10). Selanjutnya kita melihat janji Yesus tentang air kehidupan. "Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." (Yohanes 7:37-38). Lihatlah betapa baiknya Kristus sebagai gembala yang akan menuntun kita ke mata air kehidupan, dimana Allah akan menghapus air mata dari kita semua. (Wahyu 7:17). Dan betapa indahnya Yerusalem baru, dimana sungai air kehidupan yang jernih bagai kristal mengalir keluar dari tahta Kristus (Wahyu 22:1). Yang Tuhan Yesus rindukan adalah setiap kita mengerti dan memahami karya Roh Kudus sepenuhnya dalam kehidupan orang percaya.

Jamita Epistel Minggu ROGATE – 5 Mei 2024

Sai Na Manjalo DO Nasa Na Mangido     (Setiap Orang Yang Meminta Akan Menerima) Psalmen 28: 1  – 2   a)       Huria na hinaholongan ...