Sabtu, 22 Mei 2010

RENUNGAN MINGGU PENTAKOSTE I, 23 Mei 2010

Roh Kudus Menyertai Kita
Yoel 2 : 28-32

Pada saat seseorang telah diterangi oleh Roh Kudus sampai tahap dia dapat mengetahui bahwa Yesus sebagai benar-benar Kristus, dan kemudian orang itu menuduh Kristus berasal dari Setan, maka orang itu telah melakukan dosa yang tidak dapat diampuni. Apa yang anda harapkan jika anda sendang mempunyai masalah yang begitu berat ? jawabanya pasti adalah harapan untuk mendapat pertolongan dari seseorang yang dapat menolong. Baik itu rekan maupun kerabat. Tetapi bagaimana jika yang anda harapakan menolong justu tidak peduli dengan anda ? pasti ada perasaan kecewa , marah dan menjadi permusuhan. Tapi apakah anda dalam kondisi seperti itu masih ingat Tuhan ?
Bacaan kita dalam Yoel 2 hari ini sebernarnya adalah kondisi yang tidak menguntungkan untuk bangsa Israel. Mereka di tindas, diremukkan oleh lawan-lawan mereka. Kitab Yoel mengambarkan bahwa bangsa yang menindas mereka adalah bangsa yang kuat dengan kekuatan yang tiada tara, sebab giginya seperti singga dan taringnya seperti singa betina ( Yoel 1:6) bangsa itu adalah bangsa Romawi yang berkuasa pada waktu itu. Ditambah kondisi ekonomi mereka karena gagal panen. Pada waktu ada hama belalang dengan jenis yang berbeda-beda. Ada belalang pengerip, belalang pindahan, belalang pelompat dan akan dihabisi oleh belalang pelahap ( Yoel 1:4).
Jika digambarkan maka sudah jatuh tertimpa tangga. Yang artinya sugguh malang apa yang dialami oleh bangsa pilihan ini. Pertanyaanya adalah mengapa Tuhan ijinkan hal itu dialami oleh bangsa ini ?

Jika digambarkan maka sudah jatuh tertimpa tangga. Yang artinya sugguh malang apa yang dialami oleh bangsa pilihan ini. Pertanyaanya adalah mengapa Tuhan ijinkan hal itu dialami oleh bangsa ini ?
1. Dalam kondisi apapun Tuhan tetap memberi pengharapan. Secara manusia tidak mungkin kondisi ini akan dapat diatasi oleh bangsa pilihan, tetapi dibalik apapun yang kita alami masih ada pengharapan. Pengharapan itu adalah Tuhan akan mencurahkan RohNya atas semua manusia. Roh Kuduslah yang membuat mereka bertahan. Sebagai orang percaya kita sudah mempunyai Roh Kudus , itu sebabnya kita pasti ada jalan keluar apapun yang sedang kita hadapi. Sehingga kita dapat berkata pencobaan yang kita alami tidak melebihi kekuatan kita ( I Kor 10:13).
2. Dalam kondisi apapun kita dapat melihat kuasa Tuhan. Kondisi yang dihadapi tentunya secara manusia mereka dapat putus asa , tetapi apapun yang sedang dialami Allah sudah memberi kita Roh Kudus. Dengan Roh Kudus tersebut kita akan mengerti apa yang akan terjadi didepan kita. Kitab Yoel berbicara dengan kata Nubuatan. Nubuatan itu berupa mimpi, dan penglihatan-penglihatan. Tetapi sekaligus juga akan ada mujizat-mujizat yang mereka lakukan. Inilah karya Tuhan dalam berbagai masalah yang kita hadapi. Kita mengerti rencana Tuhan dan juga mengalami kuasa Allah.
Sekarang bagaimana dengan kita, Adalah kita sedang dalam berbagai masalah yang kita hadapi ? jika sedang dalam pergumulan mari kita makin tekun mencari Tuhan. Karenya kitab Yoel menegaskan bahwa yang mencari tuhan akan diselamatkan ( ayat 32) bahkan ditambahkan mencari Tuhan di gunung Sion Tuhan. Dimana Allah bertahta disana. Mari kita juga cari Tuhan di rumah Allah ( sion) disanalah ada kemenangan dan penghiburan.
Roh Kudus adalah kasih antara Allah Bapa dan Allah Putra. Kapan saja Allah memberi kita sesuatu yang berdasarkan kasih, kita menyebutnya karya Roh Kudus. Karena segala sesuatu yang telah Tuhan berikan kepada kita, diberikan dalam kasih. Roh Kudus pun selalu bekerja dalam hidup kita. Galatia 5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, 5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu
Karena Roh Kudus adalah kasih, Roh Kudus ada dalam diri kita sehingga memungkinkan kita untuk mengasihi Allah dan orang lain. Kasih Anda menolong anak Anda saat ia merasa putus asa dengan pekerjaan rumahnya atau saat ia bermasalah dengan teman-temannya. Begitu pula dengan kasih Allah, dalam pribadi Roh Kudus, akan membantunya bila ia ingat untuk memintanya melalui doa singkat.


Jamita Epistel Minggu ROGATE – 5 Mei 2024

Sai Na Manjalo DO Nasa Na Mangido     (Setiap Orang Yang Meminta Akan Menerima) Psalmen 28: 1  – 2   a)       Huria na hinaholongan ...