Minggu, 23 Mei 2010

Renungan Hari Sabtu, 08 Mei 2010

Semakin Behikmat
Kolose 3 : 16
Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.
Jika Anda menuruti prinsip membaca Alkitab, sejangka waktu kemudian, pengetahuan Alkitab Anda pasti banyak bertambah. Kalau mungkin, setiap hari menghafal satu ayat atau dua ayat. Pada permulaannya, selalu memerlukan sedikit paksaan, melakukan satu perkara yang ditentukan, setelah sejangka waktu baru bisa mendapatkan bantuan. Selain pembacaan Alkitab secara pribadi, jika berjumpa dengan saudara saudari dan berkumpul bersama, juga boleh bersama-sama membaca sepotongan Alkitab. Saudara saudari saling menghafal Alkitab juga bisa mendatangkan satu faedah yang besar. Terhadap satu ayat Alkitab Anda tidak paham, begitu ditaruh di mulut orang lain dan dihafalkan, Anda bisa memahaminya.
Kelihatannya ini aneh, tetapi ini fakta. Ketika saudara saudari berhimpun bersama, bisa mendapatkan terang, mendapatkan terang yang tidak bisa didapatkan secara individu. Karena itu, sering kali, ketika saudara saudari berkumpul bersama, paling baik jangan mengobrol, kita boleh membuka Alkitab dan membaca, tidak diuraikan juga tidak mengapa. Seorang membaca semua mendengar, ini boleh; bergiliran membaca, juga boleh, Anda membaca pasal yang Anda baca hari ini sekali, saya membaca yang saya baca satu pasal, juga boleh. Membaca secara demikian bisa membuat Anda mendapatkan barang-barang yang ada di dalam Roh Kudus. Bagaimanapun Alkitab harus sering dibaca, banyak dibaca, dibaca hafal, dibaca teliti, dibaca secara terencana, demikian baru bisa dengan kaya limpah menyimpan perkataan Allah di dalam hati.

Mari kita periksa diri kita hari ini. Apa yang mendominasi isi doa kita? Sudahkah kita benar-benar bersyukur atas perlindungan dan penyertaan Tuhan? Apakah porsi permohonan kita masih jauh lebih banyak dibanding ucapan syukur? Meminta Tuhan memberkati hidup, keluarga, pekerjaan atau pelayanan kita berikut daftar-daftar permintaan yang lebih rinci memang tidak salah. Tapi adalah salah jika kita hanya tahu meminta tanpa berterimakasih dan bersyukur. Tidak saja sekedar mengucap syukur, tapi berikan pula mazmur, puji-pujian kepada Tuhan.
Meskipun saat ini kita masih berhadapan dengan kejadian yang seolah merugikan, ingatlah bahwa Tuhan itu selalu baik dan tidak pernah berubah. Berkali-kali Dia sudah membuktikan mukjizatNya, dan jika dulu Dia bisa, sekarang pun sama. Tuhan tetap sanggup mengubah masalah seberat apapun menjadi kebahagiaan. Doa dengan ucapan syukur merupakan doa yang dinaikkan dengan iman, yang percaya bahwa Tuhan sanggup mengubahkan keadaan apapun. Karenanya, berhentilah mengisi setiap doa dengan keluh kesah dan permintaan tanpa henti. Gantilah dengan ucapan syukur, dan Tuhan akan menjawab doa-doa anda.


Jamita Epistel Minggu ROGATE – 5 Mei 2024

Sai Na Manjalo DO Nasa Na Mangido     (Setiap Orang Yang Meminta Akan Menerima) Psalmen 28: 1  – 2   a)       Huria na hinaholongan ...