Jumat, 12 November 2010

Renungan Hari Minggu, 7 Nopember 2010


Mengajarkan Firman Tuhan
Ulangan 4 : 1 - 10
Warisan apa yang baik untuk kita berikan pada keturunan kita? Sudah pasti tidak akan ada yang mau meninggalkan warisan dalam bentuk hutang dan reputasi buruk. Banyak orang tua akan selalu berusaha untuk meninggalkan warisan harta sebanyak-banyaknya. Tapi Alkitab mencatat ada sebuah warisan yang jauh lebih berharga dibandingkan harta benda dan bentuk-bentuk kekayaan lainnya, yaitu warisan iman akan Kristus. Mari kita baca dalam kitab Ulangan 6. "Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun." (Ulangan 6:6-7). Kita diwajibkan untuk memahami firman Tuhan, mengenal pribadi Allah lewat Kristus, dan harus pula mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anak kita. Ketika kekayaan berupa harta benda dan uang pada suatu saat akan habis lenyap, tidak demikian halnya dengan iman akan Kristus. Ini adalah bekal yang sungguh bermanfaat sepanjang kehidupan di dunia, dan menjadi bekal untuk kehidupan kekal kelak.
Banyak orang Kristen menjalani kehidupannya dengan beranggapan bahwa jika sudah melakukan ibadah, persekutuan, doa dan melayani Tuhan semuanya itu sudah cukup. Memang semua itu penting untuk dilakukan tetapi merenungkan, memahami dan hidup dalam kebenaran firman Tuhan juga tidak kalah pentingnya dan tidak boleh diabaikan. Sebab jika tidak demikian, maka semua yang dilakukan itu hanya sekedar seremonial belaka tanpa membawa dampak bagi pertumbuhan kehidupan rohani. Oleh sebab itu adalah penting bagi kita juga seisi keluarga kita untuk selalu belajar mendasarkan dan menjalani hidup dalam terang kebenaran firman Tuhan.
Dengan kuasa dan pertolongan Roh Kudus, kita pasti dapat melakukan kebenaran firman Tuhan. Karena itu, penting bagi kita semua untuk meminta tuntunan dan penyertaan Roh Kudus setiap hari, agar kita tidak sekadar mendengar firman Tuhan atau membaca Alkitab tapi berlalu begitu saja; tetapi lebih penting lagi, kita bertekad untuk melakukannya. Lakukanlah firman Tuhan terlebih dahulu dan ajarkanlah kemudian.

Jamita Minggu Kantate (Endehon hamu ma di Jahowa ende na imbaru) – 28 April 2024

Ingkon Mamujimuji Jahowa do Angka na Usouso Di Ibana  ( Orang Yang Mencari Tuhan Akan Memuji NamaNya) Psalmen 22: 26 – 32     a)  ...