Senin, 20 Juni 2011

Hari Jumat 20 Mei 2011


Semua Dipenuhi Tuhan
Yosua 21 : 45
Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi
Janji TUHAN kepada umat Israel dipenuhi secara tepat setelah mereka masuk dan menduduki Tanah Kanaan. Tanah Perjanjian yang telah dijanjikan sedemikian lama itu akhirnya mereka miliki. Pemenuhan janji ini dapat dijelaskan dengan dua hal, yaitu: Pertama, TUHAN memberikan seluruh daerah itu kepada umat Israel dan mereka dapat menetap di sana (21:43). Kedua, TUHAN memberikan keamanan ke segala penjuru karena semua musuh takut dan gentar terhadap mereka dan tidak tahan menghadapi mereka (21:44). TUHAN menepati seluruh janji tentang Tanah Perjanjian yang telah diberikan-Nya kepada Abraham. Tidak ada janji yang tidak Dia penuhi. Semua perkataan TUHAN itu benar dan seluruh janji-Nya Ia tepati. Umat TUHAN harus semakin yakin dan teguh berpegang kepada firman-Nya karena firman TUHAN tidak pernah gagal.
Anda diselamatkan juga karena kebaikan Tuhan. Jangan ada orang bermegah! Anda
diselamatkan bukan karena perbuatan baik, tetapi karena kasih karunia Allah. Dalam
perumpamaan tentang domba yang hilang (Matius 18:12-14), disebutkan bahwa si gembala
itu mencari domba yang hilang. Kasih karunia melimpah kepada si domba, sebab dengan rela
hati si gembala mencarinya. Inilah kebaikan Allah yang paling hebat. Meskipun berkali-kali
kita menampar pipi Allah, namun Allah masih mengampuni kita dan membawa kita masuk
dalam kebahagiaan yang abadi di dalam surga. Setelah kita menerima Kristus pun Allah tetap berbuat baik kepada kita. Dia menolong kita, membimbing kita, dan menopang kita. Gambaran yang tentang Allah yang tidak baik hanyalah dihembuskan oleh golongan hitam (baca: setan). Iblis memang berusaha mengaburkan kebaikan Allah. Dia lebih menyukai manusia menganggap bahwa Allah itu sama dengan dirinya. Coba Anda ingat, berapa kali Anda menerima bisikan yang mengatakan bahwa Allah itu tidak baik. Bahwa Allah itu tidak ada bersama dengan Anda ketika persoalan hebat melanda. Apapun pandangan Anda tentang Allah, tidak mengubah kenyataan bahwa Dia adalah Allah yang baik. Satu persatu kebaikannya ditunjukkan kepada kita. Semua kebaikan Allah akan dipenuhi.

Jamita Minggu Kantate (Endehon hamu ma di Jahowa ende na imbaru) – 28 April 2024

Ingkon Mamujimuji Jahowa do Angka na Usouso Di Ibana  ( Orang Yang Mencari Tuhan Akan Memuji NamaNya) Psalmen 22: 26 – 32     a)  ...