Rabu, 28 Juli 2010

Renungan Hari Jumat, 25 Juni 2010

Tuhan Tempat Pengungsian
Yesaya 25 : 4a
Sebab Engkau menjadi tempat pengungsian bagi orang lemah, tempat pengungsian bagi orang miskin dalam kesesakannya.
Benteng, tempat perlindungan, ataupun tempat pengungsian, merupakan tempat-tempat yang memberikan keamanan secara fisik bagi setiap orang dalam situasi perang. Benteng dan tempat perlindungan adalah tempat yang aman bagi tentara yang sedang berperang. Sedangkan tempat pengungsian adalah tempat yang aman bagi masyarakat sipil yang negaranya sedang berperang.
Dalam setiap peperangan, perkelahian, wabah penyakit dan bencana akan membuat manusia harus mengungsi. Tentu dlam pengungsian akan berbeda halnya dengan tempat mereka sebelumnya. Ditengah pengungsian tidak sebaik yang mereka nikmati sebelumnya. Dalam pengungsian semua harus berbagi dan tenggang rasa, toleransi yang tinggi. Sehingga pada akhirnya diperlukan peningkatan hidup dalam pengungsian itu. Tempat pengungsian akan diharapkan masa depan yang baik dan cerah. Dalam hal ini kita diingatkan dalam nas agar tetap merasakan sukacita bersama Tuhan sebagai tempat pengungsian kita. Ketika kita diperhadapkan dengan penderitaan dan persoalan dunia ini.

Selain terus berpanjang sabar memberi kesempatan bagi kita, Tuhan pun selalu memposisikan diriNya untuk selalu menjadi tempat perlindungan yang utama. "TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya" (Nahum 1:7). Kuasa Tuhan yang besar, yang mampu melebihi akal mengatasi segala kemustahilan akan selalu membuat kita aman ketika berlindung di dalamnya. Dalam hal ini pun Daud menyadarinya dan berkata "Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!" (Mazmur 34:8). Kenapa tidak? Kebaikan Tuhan yang luar biasa itu bukan hanya "pepesan kosong" belaka namun sudah sangat nyata terbukti baik lewat perjalanan hidup tokoh-tokoh Alkitab maupun banyak kesaksian dari masa ke masa. "Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti." (Mazmur 46:1).

Jamita Evangelium Minggu ROGATE (Martangiang) – 5 Mei 2024

Sai Na Manjalo DO Nasa Na Mangido      (Setiap Orang Yang Meminta Akan Menerima) Matius 7: 1 - 11   a)       Huria ni Tuhanta ia Matiu...