Rabu, 02 Juni 2010

Renungan Hari Sabtu, 29 Mei 2010

Roh Kudus Menuntun
Mazmur 143 : 10
Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!
Pentakosta dikenal sebagai peringatan akan turunnya Roh Kudus kepada para Rasul yang berkumpul di salah satu rumah di Yerusalem. Roh Kudus ini adalah utusan Bapa dalam Nama Yesus. Roh Kudus inilah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepada-Mu dan mengingatkan kamu akan semua yang telah dikatakan Yesus kepada kamu.

Roh Kudus menolong dikala jalan kita buntu dan gagal.Roh kudus mengibur dikala kita berduka,bersedih dan dilukai.Roh Kudus membela dikala manusia membuat tuduhan dan dikala iblis mendakwa.Roh Kudus mendampingi anda dikala keseorangan,kesunyian atau ditinggalkan orang lain.Roh Kudus menasihati dikala anda berbuat salah atau tersandung dalam perjalanan hidup anda.Roh Kudus mendoakan/memohon dikala anda kehabisan bahan doa,tak tau berdoa dan tak dapat berdoa.Roh Kudus mendorong kita dikala lemah semangat atau putus asa.Roh Kudus memberikan tenaga dan kekuatan dikala anda lemah jasmani,lemah semangat dan lemah emosi. “Parakletos –Pendorong yang dipanggil untuk mendampingi adalah ‘Tujuh dalam satu’ dalam menyertai hidup anda.Yesus menujukan Penolong itu sebagai seorang peribadi iaitu “DIA” yakni Roh kebenaran.Dalam Yohanes 14:26,Yesus kali ini menyatakan Roh Kebenaran itu sebagai :“Penghibur,yaitu ROH KUDUS,yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu,Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu”

Satu hal yang kita sebagai manusia harus mengerti, yaitu kita kita akan pernah tahu tentang masa denpan kita bahkan satu detik di depan kita, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Kita butuh bimbingan Tuhan.
Roh Kudus memberikan hikmat dan pengertian kepada kita saat kita se¬dang melayani Allah. Kadang-kadang kita berada di dalam situasi yang mem¬buat kita kehabisan akal seperti menghadapi jalan buntu. Dalam keadaan semacam itu, bila kita sungguh-sungguh bersandar kepada pertolongan Roh kudus, Roh Kudus bisa memberikan kepada kita hikmat yang khusus, sehing¬ga kita bisa mendapatkan jalan keluar yang terbaik yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Ingatlah bagaimana Tuhan Yesus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bersifat menjebak (Misalnya Markus 12:13-17). Ingatlah pula bagaimana Roh Kudus memberikan pengertian kepada Rasul Petrus un¬tuk mengenali kebohongan Ananias dan Safira (Kisah Para Rasul 5:1-11).

Jamita Evangelium Minggu ROGATE (Martangiang) – 5 Mei 2024

Sai Na Manjalo DO Nasa Na Mangido      (Setiap Orang Yang Meminta Akan Menerima) Matius 7: 1 - 11   a)       Huria ni Tuhanta ia Matiu...