Sabtu, 29 April 2023

Jamita Evangelium Minggu JUBILATE (Marolopolop tu Debata ma sandok ale Tano on, Pslm. 66:1) - 30 April 2023

Manongtong do asi ni rohana

Psalmen  100 : 1 - 5   

 

 

Ndang hasuhatan denggan basa ni Debata na sumarihon ngolunta on, asa songon na niarahon parpsalmen on ma pamujionta ru Debata Jahowa. Dijou parpsalmen on do hita asa marolopolop mamujimuji Debata Jahowa i, denggan ma hita marsomba tu Ibana na gok asi ni roha i sian nasa rohanta mamuji Ibana. Di minggu JUBILATE na marlapatab: marsoraksorak tu Debata ma sandok ale tano on siala:

1)       Mansai bisuk do Tuhanta i na mangulahon hasalaan (didok pikiranta jolma on) alai gabe haluoan nang las ni roha di hita jolma. Mansai burju di na mangulahon hajahaton (ninna portibi on) hape tu hasonanganta do. Mansai balga do haholongon ni Debata Jahowa di hita asa marsihohot di Ibana.

2)       Ringkot na i hita asa hohom tongkin mangarimangrimangi haburjuon ni Tuhanta i, dipatupa Ibana do disandok portibi on laho parohon angka na uli na denggan. Mansai burju do Tuhanta i. Asa jotjotan ma hita mamereng haburjuon ni Tuhanta i, pambahenanNa, nang angka pasuapsuNa i di hita. Taingt ma ende sian : KJ. 439 - Bila Topan K'ras Melanda Hidupmu-

1)                                        Bila topan k'ras melanda hidupmu, bila putus asa dan letih lesu,

berkat Tuhan satu-satu hitunglah, kau niscaya kagum oleh kasihNya.

Berkat Tuhan, mari hitunglah, kau 'kan kagum oleh kasihNya.

Berkat Tuhan mari hitunglah, kau niscaya kagum oleh kasihNya.

2)                                        Adakah beban membuat kau penat, salib yang kaupikul menekan berat?

Hitunglah berkatNya, pasti kau lega dan bernyanyi t'rus penuh bahagia!

Berkat .........................

3)                                        Bila kau memandang harta orang lain, ingat janji Kristus yang lebih permai;

hitunglah berkat yang tidak terbeli milikmu di sorga tiada terperi.

Berkat ....................

4)                                        Dalam pergumulanmu di dunia janganlah kuatir, Tuhan adalah!

Hitunglah berkat sepanjang hidupmu, yakinlah, malaikat menyertaimu!

Berkat .....................

 

 

3) Marilah kita melihat kebaikan TUHAN, melalui renungan ini kiranya kebaikan TUHAN, dapat benar-benar kita nikmat dan menjadi kekuatan bagi hidup kita dan menjadi jaminan pengharapan kita yang mendatangkan sukacita bagi kemuliaan Allah saja. Kebenaran akan dosa, bahwa semua manusia berdosa sejak dalam kandungan, membawa kita sekarang untuk melihat diri sendiri. bahwa kita adalah orang-orang berdosa yang benar-benar layak untuk binasa, mati dalam segala dosa, pemberontakan dan hidup yang binasa. Kesadaran akan kehidupan yang bobrok dan jauh lebih berdosa dari yang dapat kita bayangkan. Akan menyadarkan kita, membawa kita untuk melihat kebikkan TUHAN.

4) Allah kita baik, karena Dia masih memperhatikan kita, meskipun manusia layak binasa. Melalui diri-Nya sendiri Ia menyediakan keselamatan bagi kita. Dialah yang memperhatikan manusia, datang kepada manusia, inilah inti dari Kabar Baik, pusat dari Injil, bahwa Allah yang berkuasa, merendahkan diri-Nya untuk datang kepada manusia agar manusia dapat diselamatkan. Kebenaran dari kesetiaan Allah, yang dapat kita nikmati hanya ada di dalam Injil Yesus Kristus, inilah kebenaran yang menyatakan kesetiaan Yesus, sebab Yesus yang telah hidup, mati disalibkan dan bangkit. Dialah Pribadi yang memiliki kesempurnaan kasih setia, di dalam Dia saja adanya kesempurnaan kasih setia, melalui Dia saja adanya keselamatan yang menyatakan, memberitakan kasih setia Tuhan. Di dalam dunia yang terus berubah menuju kebinasaan sekarang ini, hanya ketika kita menemukan keamanan sejati kita di dalam Kristus, kita dapat benar-benar menikmati hidu dan berjalan di jalan yang Tuhan tentukan untuk kita dapat lewati. Tidak ada yang lebih baik, memuaskan dan membesarkan hati lebih dari kebenaran ini, bahwa kasih Yesus ada untuk kita, Dia menyatakan kasih setia-Nya dengan memberikan diri-Nya menjadi manusia dan mati disalibkan menerima dosa dan kutuk hukuman dosa kita.

5) Kasih setia dan kebaikan Tuhan jangan sampai dianggap sebagai hal yang biasa. Kesetiaan Allah jelas tidak sama dengan kesetiaan manusia seperti kita. Di saat kita masih sering kali terombang-ambing dengan rupa-rupa godaan. Di saat kita masih berhitung saat menolong sesama kita, Tuhan mengorbankan kehidupan Yesus bagi dunia. Jadi jelas, kasih setia Tuhan tidak berubah, seperti lagu Sekolah Minggu di atas. Kita, sebagai umat Tuhan perlu menyadari bahwa kesetiaan Tuhan itu berlaku juga bagi kita. Bagian kita adalah bersyukur untuk kesetiaan Tuhan yang tidak pernah berubah. Amen.

 

BE 581 SANGAP DI JAHOWA

 

v  Sangap di jahowa na sun timbul i, Balga ni holongNa ndang tarasam i

Dilehon AnakNa na sasada i, Manobus hita jolma pardosa i

Puji ma Debata ale manisia, Las roham las roham somba ma Debata

Dapothon Jahowa na sun timbul i, Marhite AnakNa Tuhan Jesus i

 

v  Tung so hasuhatan do basaNa i, Marhite AnakNa ni lehonna i.

MudarNa durus do di hau silang i, Rara pe dosanta ias dibaen i.

Puji ma Debata ………

 

v  Balga situtu pambaenMi Debata. Tung so hasuhatan holong ni rohaM.

Tu jolma pardosa asi do rohaM, Di ungkap Ho dalan lao tu banuaM.

Puji ma Debata ………

Jamita Evangelium Minggu EXAUDI (Sai tangihon ma soarangku, Ale jahowa- Pslm.27:7)– 12 Mei 2024

Hatuaon ni Halak Partigor     (Kebahagiaan Orang Benar) Psalmen 1 : 1  – 6   1)       Ia turpukta on ima patujolo ni sude psalmen (1...