Marparange Hombar Tu Hata ni Debata
Diperbaharui untuk hidup menurut
Ketetapan Allah
Hesekiel 36: 22- 27
A. Patujolo
Ia turpukta on na so tarsirang dihamamasa habuangan ni
bangso Juda di Babel. Naung dilaosi nasida do padan na dohot Tuhan i. Nang pe
naung dipasahat Tuhan i angka panurirang, alai tongtong dope nasida ndang olo
manangihon bagabaga sipaingot ni Tuhan i. Hombar tu Hata ni Debata, asa mardalan
ma uhuman ni Tuhan i. Masa ma habuangan tu bangso sileban. Aha na naung
dibanggahon nasida nasailaon ima bagas joro ni Debata di Jerusalem dohot tano
parjanjian gabe malengse do muse.
Dibagasan asi ni roha ni Tuhan i, uhuman i ndada hata
parpudi. Uhuman i holan gabe dalan doi laho pauliulihon nasida ndada ujung ni
pardalanan nasida. Ima parasingan ni hatigoran ni Debata dohot paruhuman. Nasa
uhuman naso manghorhon pauliulihon ima paruhuman, alai hatigoran na sian Tuhan
i sai mangarahon tu pauliulihon manang laho paturehon do.
Naung dipasahat Tuhan i do padan paulihon nasida
(36:22-30). PasautonNa do padanNa i, ndada ala ni haburjuon ni bangso i. Dao
andorang so tarbuang nasida, padan paulihon nasida naung niuraihon hian. Alasan
na mandasar di pemulihan i ima ala ni hasongkalon nang habadiaon ni Tuhan i
sambing do (22b)
Halelengse dohot habuangan tu Babel gabe mambahen ramun
goar ni Tuhan i di angka nasa bangso sileban (22-23). Molo dipangantusion na
tarbarita di masa Padan na Robi, molo marporang sada bangso maradophon bangso
na asing, dilapati do na pasidohot angka debata nasida marporang. Molo talu
sada bangso lapatanna talu ma dohot debata ni bangso i. Jadi na tarbuang bangso
Israel dilapati do na naung talu Tuhan Debata, ndang margogo. Habuangan ni
Israel tu babel i sada bukti na cukup meyakinkan di angka bangso molo Debata ni
Israel na so margogo be (ima persepektif kultural religius), gabe tarela ma
goar ni Debata, jala ndang badia be. On ma sibonsiri asa ro Tuhan Debata
mambahen pemulihan. Asa papunguonNa ma bangsoNa Juda mulak tu tano parpadanan i
(24). Molo masa on, gabe idaon ni angka bangso sileban i ma pambahenan ni
Debata na mangatasi saluhut tu bangsoNa dohot tu nasa bangso di portibi on. (ptds.
Yes. 44:28; 45:1, 13).
B. Hatorangan
1) Ayat 22-23): Dibagasan turpuk niuraihon
panurirang Hesekiel tu bangso Israel; “Ndada ala hamu ahu mambahen songon i,
ale pinompar ni Israel, ala ni goarhu na badia i do, na niramunanmuna di
tongatonga ni bangso parbegu, angka hasahatanmuna i.” Diabagsan panaritaan;
visi ni hamuliaon ni Debata. Laho paturehon hamuliaon ni Debata. Asa tandap ma
tu rohanta “holan laho habadiaon ni Debata” patut ma ingkon muba roha nang
pikiranta sian dosa nang pangalosionta i. Asa uju naung dipauba Debata roha
nang pikiranta i, sai hot ma tongtong manaringoti hamuliaon ni Debata sambing
na gabe pusat ni siulahononta. Ihut ni muse didok: “Jala ahu ma pabadiahon
goarhu na timbul i, naung niramunan di tongatonga ni angka bangso parbegu”. Bangsa-bangsa
lain termasuk juga yang perlu belajar kemuliaan Allah. Waktu Yahweh
mengembalikan Israel adalah supaya bangsa-bangsa lain tahu bahwa Yahweh tetap
powerful bukan powerless. Na margogo situtu do Debata Jahowa i laho paulakhon
bangso Israel i nang pe ndnag hibul nasida unduk mangoloi Ibana tu tano
Parpadanan i, ndada ala ni haburjuon ni angka bangso na mandobo asa ro asini
roha tu bangso Israel, alai siala tangan ni Jahowa sambing do, jala tangan na
dos tu na paluahon bangso i sian Misir nang sian dalan na marasing. Sai jotjot
do ra tadok dibagasan tangiang hatopanta i: “Ale Amanami na di banuaginjang,
sai pinarbadia ma goarMu”, asa disi ma naeng taperjuanghon hamuliaon ni Tuhan i
sian na adong di hita, ima halak na teosentris.
2) Ayat 24-25); Dison dipaboa Tuhann
i do na ro mangalap bangsoNa Israel sian angka bangso parbegu mulak tu tano na
hian. Hajongjongan ni Debata ditongatonga nasida na so boi jumpangan di
habuangan. Ay.25; Tuhan mengatakan: “Aku
akan mencurahkan kepadamu air jernih … “.Air dalam Perjanjian Lama
adalah elemen purification, dungi masuk ma tu jaman na imbaru na dipasahat tu angka punguan nang pribadi.
Molo na pribadi tapatupa do i di masa sakramen pandidion na badia na mamahe aek
songon gombaran pangurason di padan na Robi jala na somal dipatupa uju i. Alai
parhitean aek on di pandidion i holan hasomalan na sian duru do i berengonta
jala ndang sae holan i sambing, ala ingkon ihut do adong transformasi
parbagasan (di roha) ima na niulahon Tuhan i dibagasan rohanta ganup. Ala ni
mansai ringkot do rap sadalan hasomalan pandidion marhite aek i dohot adong
perobahan/transformasi dibagasan rohanta. Ibaratna songon halak na laho tu
gareja marminggu, alai rohana ndang muba, tong dope dibagasan hosom, teal,
elat, late na manrajai rohana. Kemunafikan beragama do goaron i. Jala sabalikna
adong halak na muba rohana, alai ndang lomo rohana di pelayanan huria manang
anti. Sakramen Baptisan Kudus kepada anak2 hari ini, tidak ada inner
transformation, tidak ada hati yang baru tanpa peranan Roh Kudus dan orangtua.
Kita tidak membuang external ritual, kita tetap melakukannya, tapi ini tidak
bisa tanpa inner transformation yang cuma bisa dikerjakan oleh Roh Kudus di
dalam kehidupan kita.
3. Ayat 26-27); Didok di ayat 26 “Jala lehononku tu hamu
roha na imbaru dohot tondi na imbaru tu bagasan ateatemuna; jala unsatonku do
roha batu sian dagingmuna, jala lehononku tu hamu roha sibuk.” (stony heart/ heart of stone) dan akan
Kuberikan kepadamu hati yang taat (heart of flesh)”, di dalam New Covenant, seperti Yesus. The New Covenant mengubah hati menjadi
orang yang lebih reseptif terhadap Firman Tuhan.
Kekerasan hati bisa sangat menipu. Itu bisa membuat kita
tidak peka atau terjebak pada kebodohan sendiri. Oleh sebab itu kita kemudian
diingatkan “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup,
janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif” (Efesus 5:15). Firman
Tuhan juga jelas berkata “Tetapi apabila pernah dikatakan: “Pada hari
ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam
kegeraman” (Ibrani 3:15). Hati merupakan pusat kontrol dari segalanya,
dan segala kecemaran itu timbul dari hati yang tidak terjaga dengan baik. “sebab
dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan,
pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa
nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.” (Markus 7:21-22).
AI molo nunga tajalo Tondi Parbadia i, sai dapot hita
roha na mangarti di hapapataran ni Debata marhite hita nang huriana i. Asa tapareso
be ma rohanta naung dipauba Tondi i do manang ndang ? Ati marjogal dope
rohanta, sai karas parangenta tu keluarga, dongan, nang lingkunganta ? Molo sai
jugul dope rohanta, hatop ma muba roham, unang gabe siarsakhononhon hita ala ni i. Kekerasan hati bisa membutakan
dan membahayakan hidup kita
Hati yang baru selain lebih reseptif, juga kerelaan.
Waktu bertumbuh dalam kehidupan mengikut Tuhan, kita mengerjakan yang tadinya termasuk
kategori ‘tanggung jawab/ duty’ menjadi suatu enjoyment. Memang ini
proses. Anak kecil itu mau mengerjakan semua yang enjoyment, tidak mengerti
tanggung jawab, semua yang dia senang dia kerjakan. Begitu kita bicara tanggung
jawab, dia mukanya sebel. Itu memang anak kecil, sifat childish. Yang
membedakan orang dewasa dari anak kecil adalah seharusnya dia tahu bahwa hidup
ini musti mengerjakan tanggung jawab yang tidak selalu enjoyable. Ini level
kedua. Tapi ada level di atasnya lagi, yaitu orang yang bisa mentransformasi
kewajibannya sehingga akhirnya menjadi enjoyable; bukan kembali ke tingkat
yang pertama seperti sifat kekanak-kanakan tadi, tapi yang tadinya kewajiban
memberatkan seperti siksaan, akhirnya karena dia melakukannya dengan cinta
kepada Tuhan, untuk kemuliaan Tuhan, cinta kepada sesamanya, ada enjoyment.
Enjoyment bukan karena mengerjakannya melainkan karena ada tujuan yang mulia.
Ini tidak mungkin terjadi kalau orang tidak ada hati yang baru. Orang yang
hatinya batu, semua menjadi kewajiban-kewajiban, berat, musti memaksa diri.
Saya percaya ada fasenya, tapi kalau kita bertumbuh dewasa, Tuhan memberikan
kepada kita hati yang baru, kita melakukannya bukan dengan sungut-sungut
terpaksa tapi dengan cinta. Ini pemulihan covenant. Maka di bagian ini Saudara
membaca ada bahasa covenant “Kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan
menjadi Allahmu”, saling memiliki, saling mencintai, saling berkorban,
saling membahagiakan, saling memberi diri dimiliki, dst. ini pernikahan. Kalau pernikahan yang sehat,
suami melakukan sesuatu untuk istrinya dan istri melakukan untuk suaminya
menjadi enjoyment karena ada cinta,
seperti Yahweh dan umat-Nya.
C. Kesimpulan
1) Tiga Kharakteristik Pribadi Yang Baru:
Ø Ditahirkan/ Dikuduskan; Dari
Segala Kenajisan, Kenajisan
berarti sesuatu yang tidak murni (impurity), salah satunya adalah kompromi
dengan dosa, disatu sisi menghidupi kebenaran Firman Tuhan, namun disisi yang
lain dalam beberapa aspek tertentu melakukan hal-hal yang melanggar Firman
Tuhan, misal melakukan bisnis secara curang, melakukan penipuan pajak,
menghalalkan segala cara untuk menggapai popularitas atau kesuksesan, dan
lain-lain.
Ø Dari Semua
Berhala-berhala;Berhala atau ‘idolatry’ adalah hal-hal lain yang kita ‘sembah’
selain TUHAN. Berhala bisa berupa benda/ patung, tetapi juga hal-hal lain yang
kita prioritaskan lebih daripada TUHAN; hal-hal yang membuat hubungan kita
dengan TUHAN makin menjauh. Dengan demikian, pekerjaan, bisnis, keluarga,
hobby, kebanggaan, gelar, pencapaian, dan lain-lain bisa menjadi berhala dalam
hidup kita.
2) Pribadi Yang Diperbaharui Hati
dan Rohnya.; Pribadi yang baru adalah pribadi yang memiliki hati dan roh yang
baru, pribadi yang dijauhkan dari hati yang keras dan diberikan hati yang taat.
Perubahan dari hati yang keras menjadi hati yang taat bisa terjadi secara
radikal, dimana seseorang yang mengalami perjumpaan dengan TUHAN, mengalami
pertobatan dan berubah menjadi pribadi yang taat akan Firman-Nya. Namun, hati
yang baru harus masuk dalam pengujian yang terus menerus melalui situasi dan
kondisi kehidupan, persoalan, pergumulan, bahkan dalam berinterakasi dengan
sesama manusia atau sesama saudara seiman yang menghadapkan kita pada pilihan
apakah kita merespon dengan ketaatan sesuai dengan Firman Tuhan atau
memberontak terhadap Firman Tuhan? Dalam proses pengujian ini, TUHAN memberikan
kekuatan, pertolongan dan dorongan untuk kita berubah menjadi pribadi yang
semakin taat.
3) Pribadi Yang Dipenuhi Dengan Roh
Kudus; pribadi yang baru adalah pribadi yang dipenuhi dengan Roh Kudus. Ini
merupakan sebuah janji yang mulia, dimana Roh Kudus bukan hanya hinggap pada
orang-orang pilihan tertentu seperti umumnya terjadi dalam zaman Perjanjian
Lama, melainkan Roh Kudus berdiam dalam batin setiap kita. Baptisan Roh Kudus
membawa perubahan dalam hidup kita, membuat kita lebih efektif dalam melayani,
selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah membuat kita hidup menurut segala
ketetapan TUHAN, tetap berpegang pada peraturan-peraturan TUHAN dan
melakukannya.
4) HIDUP KRISTEN YANG BERTUMBUH:
Minggu Quasimodogeniti, seperti bayi yang baru lahir, haus akan susu yg murni- 1
Petrus 2:1-3.Bayi bertumbuh menjadi makin mengenali orang tuanya, dapat
“bicara”dan mulai komunikasi dengan orang tuanya. Ini merupakan suatu
kegembiraan tersendiri bagi seorang ayah dan ibu dari bayi tadi. Coba bayangkan
bagaimana orang tua akan menjadi panik kalau bayinya tidak tumbuh tumbuh walau
sudah ditunggu sampai 3 tahun. Tetap tidak bisa bicara, tidak bisa senyum,
tidak bisa mengerakkan anggota badannya. Orang tua yang panik akan langsung
konsultasi dengan dokter untuk menanyakan situasi bayinya tadi. Semua orang tua
menghendaki bayinya bertumbuh secara normal dan wajar dengan segala kemampuan
kemapuan yang mengiringinya. Demikian juga halnya dengan hidup orang Kristen.
Allah Bapa menghendaki kita bertumbuh secara sehat. Kita mulai menjadi bayi
rohani, lahir baru, ini status baru dan berada dalam status kekudusan yang di
anugerahkan kepada kita. Kita dilahirkan sebagai manusia baru melalui Firman
Tuhan dengan pekerjaan Roh Kudus . (I Pet 1:23) Karena masih hidup didunia yang
berdosa maka kitapun masih bisa terpengaruh dosa untuk berbuat dosa lagi. Itu
sebabnya, rasul Petrus menasihati umat Tuhan agar mereka membuang segala
kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan
fitnah (1 Pet.2:1). Dosa dosa tadi mengganggu hubungan dengan sesama dan
hubungan dengan Tuhan. Amin.