Kamis, 13 April 2023

Jamita Evangelium Minggu Quasimodogeniti (Songon posoposo na imbaru tubu -1 Petrus 2:2) 16 April 2023

Marparange Hombar Tu Hata ni Debata

Diperbaharui untuk hidup menurut  Ketetapan Allah

 Hesekiel 36: 22- 27  

 

A. Patujolo

Ia turpukta on na so tarsirang dihamamasa habuangan ni bangso Juda di Babel. Naung dilaosi nasida do padan na dohot Tuhan i. Nang pe naung dipasahat Tuhan i angka panurirang, alai tongtong dope nasida ndang olo manangihon bagabaga sipaingot ni Tuhan i. Hombar tu Hata ni Debata, asa mardalan ma uhuman ni Tuhan i. Masa ma habuangan tu bangso sileban. Aha na naung dibanggahon nasida nasailaon ima bagas joro ni Debata di Jerusalem dohot tano parjanjian gabe malengse do muse.

Dibagasan asi ni roha ni Tuhan i, uhuman i ndada hata parpudi. Uhuman i holan gabe dalan doi laho pauliulihon nasida ndada ujung ni pardalanan nasida. Ima parasingan ni hatigoran ni Debata dohot paruhuman. Nasa uhuman naso manghorhon pauliulihon ima paruhuman, alai hatigoran na sian Tuhan i sai mangarahon tu pauliulihon manang laho paturehon do.

Naung dipasahat Tuhan i do padan paulihon nasida (36:22-30). PasautonNa do padanNa i, ndada ala ni haburjuon ni bangso i. Dao andorang so tarbuang nasida, padan paulihon nasida naung niuraihon hian. Alasan na mandasar di pemulihan i ima ala ni hasongkalon nang habadiaon ni Tuhan i sambing do (22b)

Halelengse dohot habuangan tu Babel gabe mambahen ramun goar ni Tuhan i di angka nasa bangso sileban (22-23). Molo dipangantusion na tarbarita di masa Padan na Robi, molo marporang sada bangso maradophon bangso na asing, dilapati do na pasidohot angka debata nasida marporang. Molo talu sada bangso lapatanna talu ma dohot debata ni bangso i. Jadi na tarbuang bangso Israel dilapati do na naung talu Tuhan Debata, ndang margogo. Habuangan ni Israel tu babel i sada bukti na cukup meyakinkan di angka bangso molo Debata ni Israel na so margogo be (ima persepektif kultural religius), gabe tarela ma goar ni Debata, jala ndang badia be. On ma sibonsiri asa ro Tuhan Debata mambahen pemulihan. Asa papunguonNa ma bangsoNa Juda mulak tu tano parpadanan i (24). Molo masa on, gabe idaon ni angka bangso sileban i ma pambahenan ni Debata na mangatasi saluhut tu bangsoNa dohot tu nasa bangso di portibi on. (ptds. Yes. 44:28; 45:1, 13).   

B. Hatorangan

1)      Ayat 22-23): Dibagasan turpuk niuraihon panurirang Hesekiel tu bangso Israel; “Ndada ala hamu ahu mambahen songon i, ale pinompar ni Israel, ala ni goarhu na badia i do, na niramunanmuna di tongatonga ni bangso parbegu, angka hasahatanmuna i.” Diabagsan panaritaan; visi ni hamuliaon ni Debata. Laho paturehon hamuliaon ni Debata. Asa tandap ma tu rohanta “holan laho habadiaon ni Debata” patut ma ingkon muba roha nang pikiranta sian dosa nang pangalosionta i. Asa uju naung dipauba Debata roha nang pikiranta i, sai hot ma tongtong manaringoti hamuliaon ni Debata sambing na gabe pusat ni siulahononta. Ihut ni muse didok: “Jala ahu ma pabadiahon goarhu na timbul i, naung niramunan di tongatonga ni angka bangso parbegu”. Bangsa-bangsa lain termasuk juga yang perlu belajar kemuliaan Allah. Waktu Yahweh mengembalikan Israel adalah supaya bangsa-bangsa lain tahu bahwa Yahweh tetap powerful bukan powerless. Na margogo situtu do Debata Jahowa i laho paulakhon bangso Israel i nang pe ndnag hibul nasida unduk mangoloi Ibana tu tano Parpadanan i, ndada ala ni haburjuon ni angka bangso na mandobo asa ro asini roha tu bangso Israel, alai siala tangan ni Jahowa sambing do, jala tangan na dos tu na paluahon bangso i sian Misir nang sian dalan na marasing. Sai jotjot do ra tadok dibagasan tangiang hatopanta i: “Ale Amanami na di banuaginjang, sai pinarbadia ma goarMu”, asa disi ma naeng taperjuanghon hamuliaon ni Tuhan i sian na adong di hita, ima halak na teosentris.

2)      Ayat 24-25); Dison dipaboa Tuhann i do na ro mangalap bangsoNa Israel sian angka bangso parbegu mulak tu tano na hian. Hajongjongan ni Debata ditongatonga nasida na so boi jumpangan di habuangan. Ay.25; Tuhan mengatakan: “Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih … “.Air dalam Perjanjian Lama adalah elemen purification, dungi masuk ma tu jaman na imbaru  na dipasahat tu angka punguan nang pribadi. Molo na pribadi tapatupa do i di masa sakramen pandidion na badia na mamahe aek songon gombaran pangurason di padan na Robi jala na somal dipatupa uju i. Alai parhitean aek on di pandidion i holan hasomalan na sian duru do i berengonta jala ndang sae holan i sambing, ala ingkon ihut do adong transformasi parbagasan (di roha) ima na niulahon Tuhan i dibagasan rohanta ganup. Ala ni mansai ringkot do rap sadalan hasomalan pandidion marhite aek i dohot adong perobahan/transformasi dibagasan rohanta. Ibaratna songon halak na laho tu gareja marminggu, alai rohana ndang muba, tong dope dibagasan hosom, teal, elat, late na manrajai rohana. Kemunafikan beragama do goaron i. Jala sabalikna adong halak na muba rohana, alai ndang lomo rohana di pelayanan huria manang anti. Sakramen Baptisan Kudus kepada anak2 hari ini, tidak ada inner transformation, tidak ada hati yang baru tanpa peranan Roh Kudus dan orangtua. Kita tidak membuang external ritual, kita tetap melakukannya, tapi ini tidak bisa tanpa inner transformation yang cuma bisa dikerjakan oleh Roh Kudus di dalam kehidupan kita.

 

3. Ayat 26-27); Didok di ayat 26 “Jala lehononku tu hamu roha na imbaru dohot tondi na imbaru tu bagasan ateatemuna; jala unsatonku do roha batu sian dagingmuna, jala lehononku tu hamu roha sibuk.” (stony heart/ heart of stone) dan akan Kuberikan kepadamu hati yang taat (heart of flesh)”, di dalam New Covenant, seperti Yesus. The New Covenant mengubah hati menjadi orang yang lebih reseptif terhadap Firman Tuhan.

Kekerasan hati bisa sangat menipu. Itu bisa membuat kita tidak peka atau terjebak pada kebodohan sendiri. Oleh sebab itu kita kemudian diingatkan “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif” (Efesus 5:15). Firman Tuhan juga jelas berkata “Tetapi apabila pernah dikatakan: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman” (Ibrani 3:15). Hati merupakan pusat kontrol dari segalanya, dan segala kecemaran itu timbul dari hati yang tidak terjaga dengan baik. “sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.” (Markus 7:21-22).

AI molo nunga tajalo Tondi Parbadia i, sai dapot hita roha na mangarti di hapapataran ni Debata marhite hita nang huriana i. Asa tapareso be ma rohanta naung dipauba Tondi i do manang ndang ? Ati marjogal dope rohanta, sai karas parangenta tu keluarga, dongan, nang lingkunganta ? Molo sai jugul dope rohanta, hatop ma muba roham, unang gabe siarsakhononhon  hita ala ni i. Kekerasan hati bisa membutakan dan membahayakan hidup kita

 

 

Hati yang baru selain lebih reseptif, juga kerelaan. Waktu bertumbuh dalam kehidupan mengikut Tuhan, kita mengerjakan yang tadinya termasuk kategori ‘tanggung jawab/ duty’ menjadi suatu enjoyment. Memang ini proses. Anak kecil itu mau mengerjakan semua yang enjoyment, tidak mengerti tanggung jawab, semua yang dia senang dia kerjakan. Begitu kita bicara tanggung jawab, dia mukanya sebel. Itu memang anak kecil, sifat childish. Yang membedakan orang dewasa dari anak kecil adalah seharusnya dia tahu bahwa hidup ini musti mengerjakan tanggung jawab yang tidak selalu enjoyable. Ini level kedua. Tapi ada level di atasnya lagi, yaitu orang yang bisa mentransformasi kewajibannya sehingga akhirnya menjadi enjoyable; bukan kembali ke tingkat yang pertama seperti sifat kekanak-kanakan tadi, tapi yang tadinya kewajiban memberatkan seperti siksaan, akhirnya karena dia melakukannya dengan cinta kepada Tuhan, untuk kemuliaan Tuhan, cinta kepada sesamanya, ada enjoyment. Enjoyment bukan karena mengerjakannya melainkan karena ada tujuan yang mulia. Ini tidak mungkin terjadi kalau orang tidak ada hati yang baru. Orang yang hatinya batu, semua menjadi kewajiban-kewajiban, berat, musti memaksa diri. Saya percaya ada fasenya, tapi kalau kita bertumbuh dewasa, Tuhan memberikan kepada kita hati yang baru, kita melakukannya bukan dengan sungut-sungut terpaksa tapi dengan cinta. Ini pemulihan covenant. Maka di bagian ini Saudara membaca ada bahasa covenant  “Kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu”, saling memiliki, saling mencintai, saling berkorban, saling membahagiakan, saling memberi diri dimiliki, dst.  ini pernikahan. Kalau pernikahan yang sehat, suami melakukan sesuatu untuk istrinya dan istri melakukan untuk suaminya menjadi enjoyment  karena ada cinta, seperti Yahweh dan umat-Nya.

C. Kesimpulan

1)      Tiga Kharakteristik Pribadi Yang Baru:

Ø  Ditahirkan/ Dikuduskan; Dari Segala Kenajisan, Kenajisan berarti sesuatu yang tidak murni (impurity), salah satunya adalah kompromi dengan dosa, disatu sisi menghidupi kebenaran Firman Tuhan, namun disisi yang lain dalam beberapa aspek tertentu melakukan hal-hal yang melanggar Firman Tuhan, misal melakukan bisnis secara curang, melakukan penipuan pajak, menghalalkan segala cara untuk menggapai popularitas atau kesuksesan, dan lain-lain.

Ø  Dari Semua Berhala-berhala;Berhala atau ‘idolatry’ adalah hal-hal lain yang kita ‘sembah’ selain TUHAN. Berhala bisa berupa benda/ patung, tetapi juga hal-hal lain yang kita prioritaskan lebih daripada TUHAN; hal-hal yang membuat hubungan kita dengan TUHAN makin menjauh. Dengan demikian, pekerjaan, bisnis, keluarga, hobby, kebanggaan, gelar, pencapaian, dan lain-lain bisa menjadi berhala dalam hidup kita.

2)      Pribadi Yang Diperbaharui Hati dan Rohnya.; Pribadi yang baru adalah pribadi yang memiliki hati dan roh yang baru, pribadi yang dijauhkan dari hati yang keras dan diberikan hati yang taat. Perubahan dari hati yang keras menjadi hati yang taat bisa terjadi secara radikal, dimana seseorang yang mengalami perjumpaan dengan TUHAN, mengalami pertobatan dan berubah menjadi pribadi yang taat akan Firman-Nya. Namun, hati yang baru harus masuk dalam pengujian yang terus menerus melalui situasi dan kondisi kehidupan, persoalan, pergumulan, bahkan dalam berinterakasi dengan sesama manusia atau sesama saudara seiman yang menghadapkan kita pada pilihan apakah kita merespon dengan ketaatan sesuai dengan Firman Tuhan atau memberontak terhadap Firman Tuhan? Dalam proses pengujian ini, TUHAN memberikan kekuatan, pertolongan dan dorongan untuk kita berubah menjadi pribadi yang semakin taat.

3)      Pribadi Yang Dipenuhi Dengan Roh Kudus; pribadi yang baru adalah pribadi yang dipenuhi dengan Roh Kudus. Ini merupakan sebuah janji yang mulia, dimana Roh Kudus bukan hanya hinggap pada orang-orang pilihan tertentu seperti umumnya terjadi dalam zaman Perjanjian Lama, melainkan Roh Kudus berdiam dalam batin setiap kita. Baptisan Roh Kudus membawa perubahan dalam hidup kita, membuat kita lebih efektif dalam melayani, selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah membuat kita hidup menurut segala ketetapan TUHAN, tetap berpegang pada peraturan-peraturan TUHAN dan melakukannya.

4)      HIDUP KRISTEN YANG BERTUMBUH: Minggu Quasimodogeniti, seperti bayi yang baru lahir, haus akan susu yg murni- 1 Petrus 2:1-3.Bayi bertumbuh menjadi makin mengenali orang tuanya, dapat “bicara”dan mulai komunikasi dengan orang tuanya. Ini merupakan suatu kegembiraan tersendiri bagi seorang ayah dan ibu dari bayi tadi. Coba bayangkan bagaimana orang tua akan menjadi panik kalau bayinya tidak tumbuh tumbuh walau sudah ditunggu sampai 3 tahun. Tetap tidak bisa bicara, tidak bisa senyum, tidak bisa mengerakkan anggota badannya. Orang tua yang panik akan langsung konsultasi dengan dokter untuk menanyakan situasi bayinya tadi. Semua orang tua menghendaki bayinya bertumbuh secara normal dan wajar dengan segala kemampuan kemapuan yang mengiringinya. Demikian juga halnya dengan hidup orang Kristen. Allah Bapa menghendaki kita bertumbuh secara sehat. Kita mulai menjadi bayi rohani, lahir baru, ini status baru dan berada dalam status kekudusan yang di anugerahkan kepada kita. Kita dilahirkan sebagai manusia baru melalui Firman Tuhan dengan pekerjaan Roh Kudus . (I Pet 1:23) Karena masih hidup didunia yang berdosa maka kitapun masih bisa terpengaruh dosa untuk berbuat dosa lagi. Itu sebabnya, rasul Petrus menasihati umat Tuhan agar mereka membuang segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah (1 Pet.2:1). Dosa dosa tadi mengganggu hubungan dengan sesama dan hubungan dengan Tuhan. Amin.

Jamita Evangelium Minggu EXAUDI (Sai tangihon ma soarangku, Ale jahowa- Pslm.27:7)– 12 Mei 2024

Hatuaon ni Halak Partigor     (Kebahagiaan Orang Benar) Psalmen 1 : 1  – 6   1)       Ia turpukta on ima patujolo ni sude psalmen (1...