Jumat, 01 April 2011

Renungan Hari Selasa, 8 Pebruari 2011


Tuhan Telah  Mengalahkan Dunia
Yohanes 16 : 33b
Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."
Firman Tuhan selalu menekankan bahwa Tuhan tidak berubah. Sebagaimana Tuhan bertindak pada masa lampau untuk meyelamatkan umatNya dari kesesakan mereka, maka Tuhan tetap sanggup menyelamatkan umatNya dari pergumulan, kesakitan dan serangan dari musuh-musuhnya.
Apabila Tuhan menyatakan bahwa “Aku telah mengalahkan dunia” maka yang ditekankanNya ialah bahwa Dia mengalahkan kuasa maut dan kuasa si iblis. Sehingga apa pun yang terjadi di dunia ini tidak akan menggagalkan rencana dan kehendak Tuhan. Tidak ada apa pun yang dapat menggagalkan rencana dan kehendak Tuhan untuk diri kita. Bahkan setiap kita berharga di mata Tuhan. Rambut kepala kita pun telah terhitung (Matius 10:30). Jika kita menyimak dengan lebih teliti ayat di atas tersebut, TUHAN YESUS telah mengalahkan dunia (dengan segala masalahnya), bukan meniadakan masalah. TUHAN YESUS menyajikan realitas kehidupan di dalam dunia ini: Kristen atau bukan, di dalam dunia ini tetap menghadapi masalah. Tetapi TUHAN YESUS sudah mengalahkan masalah itu.
Masalah yang diijinkan TUHAN itu melatih kita berperang. Dan sebagai Instruktur, TUHAN tahu kekuatan kita. TUHAN juga amat sangat tahu kekuatan musuh yang kekuatannya seperti macan sekarat dan ompong. Jadi tidak mungkin TUHAN mengijinkan kita, anak-anak-NYA sendiri untuk dibantai musuh. Semahir-mahirnya orang Kristen belajar Firman secara teori, dia tetap perlu praktek atau memiliki pengalaman dalam memecahkan masalah. Dengan memiliki “jam terbang” mengalahkan problem, dia akan punya kepercayaan diri saat menghadapi masalah di lain waktu. Lulus ujian dalam masalah akan membawa kita naik kelas kehidupan.
Roma 5:3-5, Yakobus 1:2-8 dan 1 Petrus 1:6-9 juga mengajarkan kepada kita bahwa ada kalanya Tuhan menguji iman kita melalui kesesakan supaya kita leibih mantap secara rohani dan supaya kita semakin berserah kepada Tuhan. Pada saat kita sedang menghadapi kesesakan kita tidak sendirian karena kita dikuatkan oleh Roh Kudus. Dialah Konselor Agung yang dijanjikan oleh Tuhan

Jamita Minggu Kantate (Endehon hamu ma di Jahowa ende na imbaru) – 28 April 2024

Ingkon Mamujimuji Jahowa do Angka na Usouso Di Ibana  ( Orang Yang Mencari Tuhan Akan Memuji NamaNya) Psalmen 22: 26 – 32     a)  ...