Dipargogoi Jahowa Do NaposoNa
(Tuhan Menguatkan HambaNya)
2 Korint 4 : 13 – 5:1
a) Marnida partingkian jaman
sinuaeng on mansai hatop do perkembangan di segala bidang. Laos songon i
pangalaho ni jolma ala ni Handphone on na canggih sinuaeng on boi do diboto
jola angka na masa di partingkian on. Asa gabe angka informas i boi idaon ni
sandok portibi on. Jala sahat ma tu angka trend manang na viral, sian makanan,
gaya hidup, barang branded, musik, dohot budaya budaya na imbaru boi do gabe
tiruan. Budaya maniru manang manumannuman gabe trend sinuaeng jala boi viral.
Isarana na marhite di media sosial tiktok godang angka sitiruon angka jolma
nuaeng on, na manortori, manang marende, mambahen story ni ngouna dohot angka
makanna dohot musik na viral. Isarana muse handphone dohot tehknologina na maju
pesat. Jika salah satunya punya handphone terbaru dengan fitur yang lebih
canggih, yang lain akan tertarik dan berkeinginan membelinya juga. Mental
menginginkan dan meniru kepemilikan dan perilaku orang lain memang tertanam
dalam diri manusia, sejak dulu.
b) Menurut penelitian, hal ini
disebut sebagai ‘social mirroring’ atau sebuah fenomena perilaku meniru terhadap tindakan orang lain.
Perilaku meniru ini juga dapat muncul dalam bentuk-bentuk tindakan lainnya.
Berdasarkan fenomena ini kita pun dapat menyimpulkan bahwa terdapat banyak hal
di dalam hidup bersosial atau berkomunitas yang dapat memengaruhi individu
lainnya. Persoalannya adalah apakah perilaku yang ‘ditularkan’ itu bersifat
baik atau buruk?
c) Diparrohahon Debata do hasomalan
ni parngoluon ni jolma sinuaeng on. Debat disegala sejarah ni parngoluon ni
portibi nang hajolmaon sai ditanda Debata do sudena. Nunga tibu dipaingot
Debata tu bangsona Israel asa unduk jala gabe pangoloi di Ibana marhite na
mangaradoti HataNa nang PatikNa Unag maniru angka bangso sileban. Hape tarunjun
do bangsoNa i asa maniru bangso sileban ima na mangido asa adong Raja di nasida
manggomgomi bangso i manggantihon posisi ni si Samuel songon panguhum, songon
uluan. Ala so tingkos ianakhon si Samuel na dua i ima si Joel dohot si Abia (1
Sam.8:2) dipangalaho nang pambahenan, gabe so pos roha ni bangso i. Alai nian
sasintongna Debata do na tinulak nasida songon Raja ni bangso i. Meniru bisa
merupakan sesuatu yang baik, tetapi apa yang ditiru, itu yang mesti diwaspadai.
Sebagai pengikut Kristus, kita diminta meniru teladan-Nya (1 Korintus 11:1).
Firman Tuhan harus selalu dijadikan patokan (ayat 21-22), guna mengevaluasi
apakah perbuatan, kebiasaan, gaya hidup, adat istiadat, dan berbagai hal lain
di sekitar kita layak ditiru atau tidak. Pikirkanlah beberapa praktik hidup
yang kita adopsi selama ini. Adakah yang harus kita ubah karena tidak sesuai
dengan firman Tuhan?
d) Dibagasan turpuk on pe
taparrohahon do pandangan teologis
sekaligus pernyataan iman sian Ap.Paulus mengenai kehadiran orang percaya yang
mempersaksikan kasih karunia TUHAN bagi orang banyak. Hal ini tergambar dengan
sangat jelas dalam ayat 15 ketika ia menuliskan, “Sebab semuanya itu terjadi
oleh karena kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan
semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menyebabkan semakin melimpahnya
ucapan syukur bagi kemuliaan Allah.” Paulus menuliskan hal tersebut sebagai
bentuk kesaksian kepada jemaat di Korintus bahwa ia bersedia menanggung
ketidaknyamanan dan kesulitan lahiriah demi kemuliaan kekal yang jauh lebih
besar (bdk. Ayat 17). Jemaat di Korintus, sebagai penerima surat ini, tentu
memahami dengan jelas bahwa Paulus telah mengalami banyak ketidaknyamanan dan
kesulitan, bahkan penderitaan, baik fisik maupun psikis, dalam melayani umat
TUHAN secara khusus mereka. Namun, Paulus tetap bersedia menanggung itu semua
sebagai bentuk kesetiaan dan kesediaan untuk memberikan diri sebagai manusia
yang diselamatkan Kristus. Paulus percaya bahwa segala kesaksian atas karunia
TUHAN yang ia beritakan akan memberikan sukacita dan melimpahkan kemuliaan
TUHAN di tengah dunia. Inilah contoh teladan sikap beriman yang juga Paulus
ajarkan kepada jemaat di Korintus bahwa kehadiran setiap umat percaya hendaknya
memberikan dampak yang menyebarluaskan kemuliaan TUHAN kepada lingkungan dimana
mereka berada.
e) Huria ni Tuhanta, na sangat
berpengaruh sinuaeng on songon na hudok na parjolo ima MENIRU (‘social
mirroring’). Ala ni songon halak na porsea hita tapange ma media sosial i yang
menghadirkan kemuliaan TUHAN, yakni ketika karunia TUHAN yang tak terbatas itu
dapat dirasakan oleh banyak orang. Di haradeonta laho patupahon pengaruh na
positif tu portibi on marhite social media nang sian parngoluon siganup ari sai
adong do tantangan nang na mambahen borat patupahonsa. Ala ni i boha asa unang
borat jala boi gabe tata rohanta patupahonsa ? ima asa tapangasahon Tuhanta
Jesus Kristus laho margogoihon hita laho patupahon angka na uli na denggan. Asa
unang ma tapangasahon gogo, pikiran nang roharohanta sandiri.
f) Jika pekerjaan yang dibangun (dirintis):
tahan uji (tahan banting), maka ia akan mendapat upah (berkat seperti pohon
yang ditanam di tepi air). Tetapi jika pekerjaan yang dibangun itu terbakar
(tidak tahan uji), maka ia akan menderita kerugian. Jadi, orang yang memutuskan untuk bertahan
dalam ujian, pasti akan untung. Tetapi ketika
kita memutuskan untuk tidak tahan uji, kita akan banyak mengalami kerugian.
Oleh sebab itu, jadikan masalah persoalan sebagai bukti kita menaruh harapan
(trust) kepada Tuhan. Mari kita selalu mengandalkan Tuhan dan tetap
berpengharapan padaNya. Amen.