Sabtu, 02 Desember 2023

Jamita Minggu Advent I, 03 Desember 2023

 

DUNGO LAHO MANOMUNOMU HARORO NI KRISTUS   

(berjaga-jaga DalamMenyambut Kedatangan Kristus)    

Markus 13: 24 - 37

Manang boha pe angka tona eskatologis ndang boi malua sian angka buku apokaliptik ni halak Jahudi na mambaritahon halelengse ni angka alam di masa ari parpudi. Songon ciri khas ni apokaliptik angka mara na masa di portibi on marhadomuan tu panguhuman na ingkon masa. Alai Buku Markus ndada na mandok tangkas panguhuman dohot lan na asing. Alai diapuli Tuhan Jesus dohot margogoihon. Angka na bernit ingkon masa di halak na porsea i, alai saluhutna i patandahon nasida di haroro ni Anak ni Jolama i na mamboan haluaon.

Turpuk jamita on ima sada sian pangajarion ni Jesus taringot hapapataron harajaon, hasangapon dohot hamuliaon ni Jahowa Debata. Hapapataron harajaon dohot hamuliaon ni Jahowa ima hasalpuon dohot hasusuda saluhut hasangapon dohot hamuliaon nasa na adong di hasiangan on. hapapataron harajaon, hasangapon dohot hamuliaon ni Jahowa ima hapapatar ni partingkian panguhuman ni Jahowa na tigor jala na sintong i. Molo manghatahon taringot hatigoran dohot hasintongan ni uhum tontu manghorhon dua pangantusion: ima panguhumon (penghukuman/ punishment) dohot tumpal haluaon (kebebasan/ keselamatan). 

 

Situasi keguncangan alam tersebut mendahului kedatangan Anak Manusia. Oleh karena itu, Tuhan Yesus mengajak untuk melihat tanda. Tuhan Yesus mengajak belajar melihat tanda dari pohon ara. Berbeda dengan banyak pohon yang tumbuh di Palestina, pohon ara kehilangan daun-daunnya pada musim dingin, sehingga daun-daun hijau muncul baru pada menjelang musim panas, bukan di musim semi. Semua penduduk wilayah sekitar Laut Tengah tahu akan hal ini. Di satu sisi, ranting pohon ara mulai melembut dan mengeluarkan tunas, namun di sisi lain itu tanda bahwa musim panas sudah dekat. Yang satu kelihatan mata, dapat dialami. Yang lain belum kelihatan dan belum dapat dialami langsung, tetapi merupakan tanda yang pasti (Leks 2003, 415-6). 

Oleh karena itu, Tuhan Yesus memberikan nasihat untuk berjaga-jaga. kata “waspada” ataupun berjaga-jaga ini dapat berarti melihat sambil memberikan perhatian, mengindahkan dan menarik pelajaran dari situasi yang akan dihadapi. Perkataan Yesus sepanjang Markus 13 menekankan sebuah peringatan untuk berhati-hati terhadap berbagai ajaran yang akan bermunculan, jangan sampai para murid disesatkan dan kehilangan fokus.

 Hatorangan 

Saat ini kita sudah memasuki Minggu Adven Pertama. Tahun gerejawi dimulai dengan datangnya masa adven. Asal kata ”adven” adalah adventus (Latin: datang, kedatangan). Masa adven mempunyai dua karakter, yang pertama, sebagai persiapan perayaan Natal untuk merayakan kedatangan Tuhan Yesus yang pertama kali; dan kedua, mengarahkan hati dan pikiran untuk menyongsong kedatangan-Nya kembali.

 Kebanyakan umat dan gereja hanya sibuk mempersiapkan diri untuk merayakan Natal, yaitu mengingat kedatangan Yesus yang pertama kali. Tetapi seberapa jauhkah kita telah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan kembali Tuhan Yesus dalam kemuliaan? Nats firman Tuhan pada hari ini, Markus 13:24-37, mengarahkan kita untuk merenungkan tentang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. 

Sesuai dengan janji-Nya pada saat hendak naik ke sorga, bahwa Ia akan datang kembali. Ia sudah datang untuk yang pertama sebagai bayi, kemudian setelah berusia tiga puluh tahun Ia melayani dan memberitakan kabar baik selama tiga setengah tahun, kemudian mati untuk menebus dosa manusia, pada hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati dan naik ke sorga. Ia berjanji bahwa Ia akan datang kembali. Tetapi kedatangan kedua adalah di dalam kemuliaan. Ia akan datang kembali untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati, serta memberikan mahkota kemuliaan bagi umat percaya yang telah menang.

 Kapan waktu kedatangan Tuhan kembali? Tidak ada yang tahu! Tuhan Yesus mengatakan: ”Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja” (Mrk. 13:32).

Jika ada orang yang mengatakan bahwa ia tahu kapan hari kedatangan Tuhan, tentulah orang itu berdusta dan tidak mengatakan kebenaran, sebab para malaikat di sorga dan Anak sendiri di dalam inkarnasi-Nya sebagai manusia juga tidak mengetahuinya.

 Tuhan Yesus mendorong murid-murid-Nya untuk belajar dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, mereka tahu, bahwa musim panas sudah dekat (Mrk. 13:28). Demikian juga bila mereka melihat tanda-tanda kedatangan-Nya, hendaklah mereka mengetahui bahwa waktu kedatangan Tuhan sudah dekat, sudah di ambang pintu. Tuhan Yesus telah memberi-tahukan tanda-tanda kedatangan-Nya kembali (Mrk. 13:3-23). Tanda-tanda kedatangan-Nya antara lain, muculnya nabi palsu dan mesias palsu yang hendak menyesatkan manusia, terjadi penganiayaan berat, deru perang atau kabar-kabar tentang perang, gempa bumi di berbagai tempat, kelaparan dan penyakit menular, serta Injil diberitakan ke seluruh dunia. Meskipun kita tidak tahu dengan pasti kapan Tuhan datang, tetapi dengan melihat tanda-tanda kedatangan-Nya, kita dapat mengetahui bahwa hari kedatangan-Nya sudah dekat. 

Kita tidak tahu kapan hari kedatangan-Nya, oleh karena itu kita harus senantiasa berhati-hati dan berjaga-jaga. Ingatlah perkataan Tuhan: "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba” (Mrk. 13:33).

Kita harus berjaga-jaga! Apa yang kita tangkap ketika Tuhan berkata demikian? Apakah kita berjaga-jaga di muka rumah kita menanti Yesus datang seperti berjaga-jaga takut maling masuk? Atau berjaga-jaga yang seperti apa? Firman hari ini mau mengajar kita, ada 4 hal yang Firman Tuhan ajarkan mengenai berjaga-jaga dan menanti-nantikan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali:

ü  Jangan tidur

ü  Bersungguh-sungguh mempersiapkan hidup kita

ü  Waspada akan ketamakan

ü  Waspada terhadap ajaran sesat

Lalu mengapa terdapat rujukan yang konstan terhadap peristiwa masuknya pencuri di malam hari? Alasannya adalah karena Yesus tahu bahwa jemaat secara keseluruhan akan sangat tidak siap menghadapi kedatangannya nanti. Lukas 18:8  “Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?”

Ai Kristus na tatomutomu i nunga mian dihita, haroroNa na parjolo  na maneahon diriNa do Ibana laho paluahon hita jolma sian dosa jala nunga sidung ulaonNa di portibi on jala nunga manaek tu banua ginjang hundul disiamun ni Debata. Jala didok do  na ro do muse Tuhan paduahalihon alai nunga marasing  sangkap haroroNa na paduahalihon i. Hombar tu panindangion ni haporseaonta na ganup minggu hita manghatindanghon I dihata haporseaonta ponggol paduahon na ro ma Ibana  muse laho manguhumi halak na mangolu dohot na mate jala I ma ujung ni portibi on.

Bahkan di Konfessi HKBP  1951 Bindu 18 dohot konfessi taon  1996 bindu 16 Na ro do Tuhan Jesus paduahalihon papatarhon Jerusalem na imbaru I, songon hapataran ni hasangapon dohot hamuliaon ni Debata. disima  marujung hasiangan. 

ndang adong umboto sadihari ombas ni haroroNa i. alani I ingkon hobas jala dungo do na porseda I dibagasan hasatiaon dohot panghirimon di haroroNa I, ai disi ma masa uhum dohot  asi ni rohaNa. Alani I do dipaingothon ngolunta na salpu do portibi on sogot sotung lalap hita manabung dohot mangalulu I na ringkot diportibi on sambing, lupa hita laho manabung dohot mamangke tingki parasianon laho manomunomu haroro ni Kristus paduahalihon naung tahaporseai dihaporseaonta I marhite na so taingot martangiang dohot marparsaoran tu huriaNa dohot manghangoluhon parsuruonNa manarihon ari sogot.

Maimaimahon ndang asa gabe maoto,loahon, ndang gabe tarpodom, ndang gabe hedonis marfoyafoya, ndang gabe losok , alai unang gabe tegar tengkuk, alai tekun berdoa dan kerja keras, jala sude aktivitasta berorientasi  maimaimahon  dungo jala martangiang . ayat 33 “tagam ma hamu dungo ma hamu, ai ndang diboto hamu manang sadihari tingkina.  boasa  berjaga-jaga asa unang mamereng dilapit ngolunta,  unang gabe terkesiat (tarsonggot)  unang mangolu secara kebetulan dungi mate pe secara kebetulan.    Asa unang terikat hita tu hal-hal na menakjubkan,  ini masa dimana kita merelung ulang bahwa Yesus nanaeng ro  I nunga  ditongtongata  laho pangoluhon laho mangalehon gogo, laho mangalehon semangat. sarupa tuatna  parungkilonpe ndang boi mangambati hita ndang mamereng Yesus.  Alanii halak na mangolu dibagasan advent - I (parjolo), dia sudah membuka matanya  dengan mata kehidupan melihat  Yesus sang  kehidupan itu.    Alani I DUNGO MA  berjagajagalah  ndang portibion salahononmu,   ndang menyesali keadaan  molo masa na paet tu hita, alai orientasi diri harus dibangun halak na dungo, boha do halak  membenahi dirina bahwa Dia yang akan datang itu harus benarbenar disaksikan dalam hidupnya?  antong  dungo jala jaga ma hita. Amen.

Jamita Evangelium Minggu EXAUDI (Sai tangihon ma soarangku, Ale jahowa- Pslm.27:7)– 12 Mei 2024

Hatuaon ni Halak Partigor     (Kebahagiaan Orang Benar) Psalmen 1 : 1  – 6   1)       Ia turpukta on ima patujolo ni sude psalmen (1...