DEBATA
PARASIROHA NA MANONGTONG
TUHAN
ADALAH KASIH DAN SETIA
EV.
: Psalmen 36: 6 – 11 Ep.: 1 Korint 12: 1 – 11
A.
Patujolo.
Dihamu huria ni Tuhanta,
dibagasan ngolu on sai marganti sorin do angka na ta alami. Adong do na
tahilalahon mambahen las ni roha laos adong do na mambahen arsak ni roha. Laos
i do na hinilalahon par psalmen on ndada na holan na mangae na jat sian halak
na asing, alai taruli do ibana di angka asi ni roha ni Debata laos ala ni i ma
ibana pahusorhusorhon i dibagasan rohana asa tarjou ibana mamuji muji Debata
jala panindangionna tu Debata. Marhite angka pujipujian ni parpsalmen on
diarahon do hita laho pahusorhusorhon muse asi ni roha ni Debata nang
hatigoranNa, asa marsihohot hita tu hasintongan nang pe godang na dihumaliangta
na mangulahon na jat jala manundalhon hasintongan nang hatigoran i.
B.
Hatorangan.
1. Molo
tajaha sian ayat na parjolo, diarsakhon si Daud do angka hajahaton ni jolma
(ay.1-5). Dibereng ibana ndang adong be biar ni jolma tu Debata, godang na i na
mangulahon penipuan, manghatindanghon na so tutu, na merencanahon angka
hajahaton. Dungkon diida ibana sude hajahaton ni jolma i, dipadrigak ibana ma
panatapanna dompak Ginjang, mardomoakhon Debata asa siap ma sude jut ni rohana
nang arsak ni rohana mamereng hajahaton ni parjahat i.
2. Dungkon
i dipuji si Daud ma Tuhan Debata (ay.6-9). Naeng paboahonna las ni rohana di
asi ni roha ni Tuhan Debata na mansai balga i ndang tarasam ni jolma. Dipaboa
si Daud do habalgaon, nang asi ni roha ni Debata tu angka na tinompaNa.
Digombarhon si Daud do asi ni roha, hasintongan, hatigoran, panguhum, ni Debata
mian jala mardalan dibagasan portibi on. Dipapatar Debata do asi ni rohaNa tu
angka anak ni jolma-ima na tigor roha, ima na manghalomohon dalan ni Jahowa
taruli pasupasu, las ni roha na sian Eden ni Tuhanta i. Ido umbahen sai tadok
do ditangiangta i “ Sai saut ma lomo ni roham, di banuatonga on songon na di
Banua ginjang”. Sintasinta ni tondita asa mian di surgo na gok las ni roha i.
2.1. Boasa boi
songon i paniandangion na mansai luar biasa sian si Daud i? Siala na mansai
rosu pardonganon ni si Daud dohot Debata, mansai jonok ibana dohot Debata.
Ndang hea tertunda manang terputus manang ‘off-line’ si Daud dohot Debata. Ala
molo sanga do terputus koneksi dohot Debata, disi ma ro haholomon, ndang
berarti manang marlapatan be ngolu on. Hamu
angka dongan molo ngolunta on tadok ‘off-line’ ima molo holan marningot ngolunta
sandiri, hidup tidak bermakna dan berarti tanpa ketergantungan kepada Sang
Pemberi Hidup yaitu Tuhan Allah. Tudos do i tu angka barang-barang elektronikta
nuaeng manang gadget na boi denggan mardalan prosesna tu internet molo online.
Alai boha ma molo ‘off-line’ ala mate jaringan, manang terganggu, manang mate
listrik. Tung so boi do hita manjaha barita manang medsos, ndang suara, parenta
nang peringatan na mansai ringkot jaloonta sian internet i, jala mago ma
tahilala.
2.2. Hamu angka
donga, godang do situasi namambahen hita gabe ‘off-line’ tu Tuhan i; angka
kesibukan, rutinitas ni parngoluan on boi do mambahen putus koneksi dohot
Tuhan, sai songon na so ringkot be di hita Tuhanta i, ndang ringkot be Tuhanta
i mangatur ngolunta, ala naung mardalan rutin, otomatis tahilala. Mansai
terbantu do di rohanta sude angka rutinitasta i mardalan dohot denggan molo
‘on-line’ sian internet. Molo so i manang ndang online sude gabe putus /
‘off-line’. Songon i ma na boi masa putus hubunganta dohot Tuhan Debata ala n i
angka rutinitas nang hasomalanta di portibi on na so konek manang terhubung
dohot Tuhanta, panghorhonna; ndang adong be semanagat hidup, ndang adong be
tujuan hidup, putus harapan, gabe holom ma parnidaanta, ala ni holomna, angka
hajahaton ma na di rohanta: ima kecurigaan yang tak berdasar, asal menuduh
orang lain tanpa bukti dan fakta, berhianat, mencaci maki, mencuri barang orang
lain, korupsi, berbuat curang, menghina orang lain, pikiran orang yang gelap
mata adalah perbuatan fasik dan jahat, mereka tidak memahami dan tidak mengerti
kebenaran.
3. Ayat
10- Ai di lambungmi do mual hangoluan, di bagasan hatiuronmi huida hami
hatiuron. Apa yang anda bayangkan
sebagai sumber hayat? Hayat artinya hidup atau nyawa, menurut terjemahan bahasa
aslinya hidup secara biologis. Jika kita mengakui bahwa Allah adalah sumber
hayat, maka seluruh makhluk yang bernyawa di dunia ini termasuk tubuh kita
bersumber pada Allah. Semua manusia menginginkan hidup, bahkan ia pasti rela
berjuang keras untuk mempertahankan hidupnya. Manusia ingin hidup karena Allah
memang memberinya hidup. Kejadian 2:7
mencatat: “ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu
tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu
mejadi makhluk yang hidup”. Dengan demikian
hidup manusia tak mungkin lepas dari Sang Pemilik Hidup itu sendiri. Namun
Pemberi Hidup itu, tidak selalu kita ingat. Kita lebih sering menjalani hidup
sehari-hari secara otomatis. Pekerjaan, dan segala kegiatan dalam agenda kita
sepertinya lebih menyita perhatian, itu memang memerlukan tanggung jawab. Pemazmur
sedang berbicara kepada Allah dan ia menyebut Allah sebagai “sumber hayat”.
Dalam Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari tertulis :”Karena Engkaulah sumber hidup”. Ia menyadari betul bahwa tanpa
Allah dia pasti kehilangan hidup, seperti air akan kering jika sumbernya
kering. Orang seperti Daud, pemazmur, tak mungkin bisa melupakan Sumber
Hayatnya, karena dia percaya bahwa setiap hari dia makan dan minum dari
Allahnya. Tanpa Allah dia tidak akan makan maupun minum. Jadi kelangsungan
hidupnya dipercayai hanya karena Allah.
Kemudian ayat
itu dilanjutkan :”Terang kami berasal
dari Terang-Mu”. Tuhan itu sumber hidup dan Ia juga sumber Terang. Pada
masa hidup-Nya Yesus Kristus berkata:”Akulah
jalan, kebenaran dan hidup (Yohanes 14:6). Makna hidup di sini bukan
sekedar bernyawa, tetapi hidup yang beresensi, beretika serta bermoral. Yesus
juga berkata :”Akulah Terang dunia” (Yohanes
8:12). Terang akan mengingatkan kita
pada gelap. Apakah anda pernah berada dalam kegelapan yang pekat, tanpa sinar
secercah pun? Apa yang dirasakan ketika ada dalam gelap? Pasti rasa takut dan
tidak nyaman karena tidak dapat melihat apa-apa. Bila saat ini Anda melihat
kenyataan bahwa orang-orang yang jahat atau tidak benar justru sepertinya
menang dan berbahagia, sementara orang benar menderita, bagaimana pandangan
Anda? Bagaimana Anda dapat menjadi tetap kuat dalam iman kebenaran/menguatkan
yang lain?
4. Hamonangan
ni parjahat ndang tingkos, ndang tangkas, alias semu. Ndada hamonangan na
sasintongna molo pe nasida nueng mamora sian dalan na so tingkos. Marlas ni
roha, manang martua nasida jala sukses hape na sian dalan na so patut, manang
sian dalan na roa sian dalan hajahaton. Dapotna do sogot hatigoran ni Debata,
sude do dipapatar Debata haduan di tingki ni Debata. Ia tidak akan membiarkan
orang fasik hidup dengan tenang. Suatu ketika orang-orang yang melakukan
kejahatan itu jatuh, mereka dibanting dan tidak dapat bangun lagi (ay. 13).
5. Saluhut
na dipasahat si Daud on ndada holan sipaingot, manang teguran tu angka na
mangulahon hajahaton, alai dohot do nang tu angka saluhut jolma nang siula
hasintongan asa unang madabu tu hasalaan na dos dohot i, boi do ala iri hati,
kecewa tu kesusksesan orang fasik gabe diula songon na niula angka parjahat i. Dia
yang akan menilai dan membalas semua perbuatan kita. Karena itu, orang benar,
sekalipun untuk sementara hidup menderita karena ulah orang fasik, percayalah
bahwa Tuhan tidak tinggal diam. Keyakinan akan kasih setia dan keadilan Allah benar-benar
harus membuat kita anak-anakNya tetap yakin untuk ‘berlindung dalam naungan
sayap Tuhan’ dan ‘mengenyangkan diri dengan lemak dalam rumah Tuhan’, bukan
berlindung pada hal-hal yang lain, bukan mengenyangkan diri dengan cara-cara
yang tidak sepantasnya dinikmati oleh anak-anak Tuhan. Karena sedemikian
berharganya kasih setia dan keadilan Allah, maka timbulah permohonan doa agar
kiranya mereka yang telah mengenal kasih Tuhan tetap tinggal dalam persekutuan
dengan Tuhan. Permohonan yang lahir berangkat dari kesadaran bahwa berurusan
dengan orang fasik, jahat, bukanlah hal yang mudah. Sebab seringkali kita pun
ikut berubah menjadi jahat. Dengan demikian Mazmur ini menjadi kesaksian yang
menguatkan bahwa bersama Tuhan, keadilan dan kebahagiaan yang sesungguhnya
terjamin bagi mereka yang hidup dalam ‘lindungan sayapNya’, yang tetap berserah
dan mau mengikuti pimpinanNya. Senantiasa berada dalam naungan Tuhan menjadi
jaminan kemenangan dalam situasi yang sepelik apa pun.
C.
Sipahusorhusoron
1. Goar
ni Minggunta ima Minggu II Dung Ephipanias; Epifani (bahasa Yunani Koine: ἐπιφάνεια,
epiphaneia, "manifestasi", "penampakan jelas") atau Teofani
(bahasa Yunani Kuno (ἡ) Θεοφάνεια, Τheophaneia berarti "penampakan
Tuhan")atau Hari Raya Penampakan Tuhan.
2. Penampakan
Tuhan dalam Tahun 2022 di HKBP dengan Tema: Tahun kesehatian, mengarahkan kita
untuk menyatukan hati dan kebersamaan kita dalam pelayanan. Merujuk pada
Epistel tadi 1 Kor.12: 1-11 – Kita telah menerima berbagai karunia dari Roh
Tuhan, kiranya tidak membuat kita semakin berbeda. Namun menyatukan perbedaan
karunia yang kita miliki untuk melayani Tuhan melalui melayani jemaatNya.
Dengan kesatuan kita sebagai tubuh Kristus yang adalah gerejaNya boleh berkarya
dan melayani ditengah gereja bagi anggotanya yang membutuhkan sentuhan kasih
Kristus. Dan juga berlanjut ke luar gereja, ditengah masyarakat, sehingga
gereja bertumbuh dan berbuah melalui jemaatNya.
3. Yesus
adalah penggenapan Firman Tuhan ( Jesus Do Hagogok ni Hata i) Bahwa karunia
Allah kepada semua pribadi di antara kita sudah sangat jelas. Ada di antara
kita yang menerima karunia bernubuat, yang lain menerima karunia mengajar. Ada
pribadi diantara kita yang menerima karunia bahasa Roh, dan pribadi yang lain
menerima karunia menafsirkan bahasa Roh. Lalu, ada pula seseorang di antara
kita yang dikaruniai bermain musik, dan orang yang lain dikaruniai menyanyi
dengan vokal yang luar biasa indahnya. Ada lagi orang-orang yang menerima
karunia menggembalakan jemaat, lalu yang lain menerima karunia pengabaran Injil
Kristus Yesus. Di atas semuanya itu, imanilah bahwa hanya satu Roh yang
melakukannya. Amen.