Selasa, 04 Juni 2024

Jamita Epistel Minggu II- D Trinitatis (Hasitolusadaon ni Debata)– 9 Juni 2024

Dipargogoi Jahowa Do NaposoNa    

 (Tuhan Menguatkan HambaNya)

2 Korint 4 : 13 – 5:1

 

a)      Marnida partingkian jaman sinuaeng on mansai hatop do perkembangan di segala bidang. Laos songon i pangalaho ni jolma ala ni Handphone on na canggih sinuaeng on boi do diboto jola angka na masa di partingkian on. Asa gabe angka informas i boi idaon ni sandok portibi on. Jala sahat ma tu angka trend manang na viral, sian makanan, gaya hidup, barang branded, musik, dohot budaya budaya na imbaru boi do gabe tiruan. Budaya maniru manang manumannuman gabe trend sinuaeng jala boi viral. Isarana na marhite di media sosial tiktok godang angka sitiruon angka jolma nuaeng on, na manortori, manang marende, mambahen story ni ngouna dohot angka makanna dohot musik na viral. Isarana muse handphone dohot tehknologina na maju pesat. Jika salah satunya punya handphone terbaru dengan fitur yang lebih canggih, yang lain akan tertarik dan berkeinginan membelinya juga. Mental menginginkan dan meniru kepemilikan dan perilaku orang lain memang tertanam dalam diri manusia, sejak dulu.

b)     Menurut penelitian, hal ini disebut sebagai ‘social mirroring’ atau sebuah fenomena  perilaku meniru terhadap tindakan orang lain. Perilaku meniru ini juga dapat muncul dalam bentuk-bentuk tindakan lainnya. Berdasarkan fenomena ini kita pun dapat menyimpulkan bahwa terdapat banyak hal di dalam hidup bersosial atau berkomunitas yang dapat memengaruhi individu lainnya. Persoalannya adalah apakah perilaku yang ‘ditularkan’ itu bersifat baik atau buruk?

c)      Diparrohahon Debata do hasomalan ni parngoluon ni jolma sinuaeng on. Debat disegala sejarah ni parngoluon ni portibi nang hajolmaon sai ditanda Debata do sudena. Nunga tibu dipaingot Debata tu bangsona Israel asa unduk jala gabe pangoloi di Ibana marhite na mangaradoti HataNa nang PatikNa Unag maniru angka bangso sileban. Hape tarunjun do bangsoNa i asa maniru bangso sileban ima na mangido asa adong Raja di nasida manggomgomi bangso i manggantihon posisi ni si Samuel songon panguhum, songon uluan. Ala so tingkos ianakhon si Samuel na dua i ima si Joel dohot si Abia (1 Sam.8:2) dipangalaho nang pambahenan, gabe so pos roha ni bangso i. Alai nian sasintongna Debata do na tinulak nasida songon Raja ni bangso i. Meniru bisa merupakan sesuatu yang baik, tetapi apa yang ditiru, itu yang mesti diwaspadai. Sebagai pengikut Kristus, kita diminta meniru teladan-Nya (1 Korintus 11:1). Firman Tuhan harus selalu dijadikan patokan (ayat 21-22), guna mengevaluasi apakah perbuatan, kebiasaan, gaya hidup, adat istiadat, dan berbagai hal lain di sekitar kita layak ditiru atau tidak. Pikirkanlah beberapa praktik hidup yang kita adopsi selama ini. Adakah yang harus kita ubah karena tidak sesuai dengan firman Tuhan?

d)     Dibagasan turpuk on pe taparrohahon do  pandangan teologis sekaligus pernyataan iman sian Ap.Paulus mengenai kehadiran orang percaya yang mempersaksikan kasih karunia TUHAN bagi orang banyak. Hal ini tergambar dengan sangat jelas dalam ayat 15 ketika ia menuliskan, “Sebab semuanya itu terjadi oleh karena kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menyebabkan semakin melimpahnya ucapan syukur bagi kemuliaan Allah.” Paulus menuliskan hal tersebut sebagai bentuk kesaksian kepada jemaat di Korintus bahwa ia bersedia menanggung ketidaknyamanan dan kesulitan lahiriah demi kemuliaan kekal yang jauh lebih besar (bdk. Ayat 17). Jemaat di Korintus, sebagai penerima surat ini, tentu memahami dengan jelas bahwa Paulus telah mengalami banyak ketidaknyamanan dan kesulitan, bahkan penderitaan, baik fisik maupun psikis, dalam melayani umat TUHAN secara khusus mereka. Namun, Paulus tetap bersedia menanggung itu semua sebagai bentuk kesetiaan dan kesediaan untuk memberikan diri sebagai manusia yang diselamatkan Kristus. Paulus percaya bahwa segala kesaksian atas karunia TUHAN yang ia beritakan akan memberikan sukacita dan melimpahkan kemuliaan TUHAN di tengah dunia. Inilah contoh teladan sikap beriman yang juga Paulus ajarkan kepada jemaat di Korintus bahwa kehadiran setiap umat percaya hendaknya memberikan dampak yang menyebarluaskan kemuliaan TUHAN kepada lingkungan dimana mereka berada.

e)      Huria ni Tuhanta, na sangat berpengaruh sinuaeng on songon na hudok na parjolo ima MENIRU (‘social mirroring’). Ala ni songon halak na porsea hita tapange ma media sosial i yang menghadirkan kemuliaan TUHAN, yakni ketika karunia TUHAN yang tak terbatas itu dapat dirasakan oleh banyak orang. Di haradeonta laho patupahon pengaruh na positif tu portibi on marhite social media nang sian parngoluon siganup ari sai adong do tantangan nang na mambahen borat patupahonsa. Ala ni i boha asa unang borat jala boi gabe tata rohanta patupahonsa ? ima asa tapangasahon Tuhanta Jesus Kristus laho margogoihon hita laho patupahon angka na uli na denggan. Asa unang ma tapangasahon gogo, pikiran nang roharohanta sandiri.

f)       Jika pekerjaan yang dibangun (dirintis): tahan uji (tahan banting), maka ia akan mendapat upah (berkat seperti pohon yang ditanam di tepi air). Tetapi jika pekerjaan yang dibangun itu terbakar (tidak tahan uji), maka ia akan menderita kerugian.  Jadi, orang yang memutuskan untuk bertahan dalam ujian, pasti akan untung.  Tetapi ketika kita memutuskan untuk tidak tahan uji, kita akan banyak mengalami kerugian. Oleh sebab itu, jadikan masalah persoalan sebagai bukti kita menaruh harapan (trust) kepada Tuhan. Mari kita selalu mengandalkan Tuhan dan tetap berpengharapan padaNya. Amen.

Jamita Epistel Minggu XVIII D.Trinitatis – 29 September 2024

Pangurupion DI Hita Di Bagasan Goar NJahowa         (Pertolongan Kita Adalah Dalam Nama Tuhan) Markus 9: 38 – 50 Huria nahinaholongan ...